Kemenag Perkuat Tenaga Pengolah Data

TEGAL– Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tegal melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) gelar Sosialisasi Penguatan Tenaga Pengolah Data PAIS, kemarin (20/11) di Hotel Pesona, Jalan Gajah Mada Tegal.

Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Agus Seri mengatakan Education Management Information System (EMIS) merupakan instrumen dalam pengelolaan data dan sistem informasi pendidikan Islam.  “EMIS itu sistem pendataan yang ada dipendidikan baik tentang guru, pendidikan dan tenaga kependidikan”, kata Agus Seri.

Untuk memperoleh data yang valid, kata Agus, pemutahiran data EMIS harus periodik sehingga mampu menyajikan data yang lengkap, akurat dan tepat waktu. “Diharapkan  dengan EMIS ini, data kependidikan akan valid sebab dijadikan dasar perencanaan pendidikan”, ujar Agus Seri.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Akhmad Farkhan mengatakan sebagai bukti kemajuan pendidikan, terutama pendidikan islam yang unggul dan moderat, maka setiap data harus selalu terupdate setiap waktu. “Kualitas data  pendidikan yang selalu terupdate sangat mendukung kesuksesan dan kemajuan pendidikan”, kata Farkhan.

Oleh karena itu, kara Farkhan, seorang tenaga pengolah data harus professional. Terlebih dalam mengintegrasikan ilmu agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dengan demikian, kita bisa menuju kepada sebuah pendidikan moderat yang unggul dan unggul yang moderat dalam rangka mengarah kepada murid yang agamis”, pungkas Farkhan.

Sementara itu, hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Tegal Akhmad Farkhan, Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Agus Seri, Pengawas PAI, serta sebanyak 50 peserta dari guru PAI TK/SD/SMP/SMA/SMK sederajat. Sebagai narasumber dari Bidang PAIS Provinsi Jawa Tengah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.