KSM 2019, Integrasikan Sains dan Islam Untuk Madrasah Hebat Bermartabat

Jakarta (Kemenag) — Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama akan kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM), Madrasah Young Researcher Super Camp dan Science Expo Madrasah. KSM 2019 mengusung tema “Integrasi Sains dan Islam untuk Madrasah Hebat Bermartabat”.

Ajang kompetisi bagi siswa madrasah tingkat nasional ini akan berlangsung 16 – 20 September 2019 di Manado Sulawesi Utara.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Ahmad Umar mengatakan, KSM merupakan ajang strategis untuk mengembangkan bakat, kompetensi, dan prestasi siswa madrasah. Selain itu, KSM penting untuk menumbuhkembangkan karakter unggul, integritas, sportivitas, dan intelektualitas siswa yang dibutuhkan di era yang makin kompetitif ini.

“Secara khusus, tujuan KSM 2019 adalah menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah,” jelas Umar di Kantor Kementerian Agama RI, Jalan Lapangan Banteng Barat Jakarta, Senin (19/08).

“KSM dapat menjadi ajang yang efektif dan strategis dalam rangka memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi,” lanjutnya.

Dari kegiatan KSM, kata Umar, siswa madrasah diharapkan memiliki motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spritual berdasarkan nilai-nilai agama sehingga menjadi yang terbaik di bidangnya.

Seleksi KSM Nasional dilakukan secara serentak dengan menggunakan sistem Tes Berbasis Komputer atau Computer- Based Test (CBT) yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional. Ajang ini akan diikuti siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.