Kegiatan Screening di MI Ma'arif Sangon, Rabu (18/9) pagi

Deteksi Dini, Puskesmas Kokap Screening Kesehatan Siswa MI Ma’arif Sangon

Kulon Progo (MI Ma’arif Sangon) – Penyakit dan gangguan kesehatan dapat diketahui lebih dini untuk mempermudah tindakan pengobatan. Screening merupakan proses mengidentivikasi penyakit yang belum diketahui atau terdeteksi dengan menggunakan berbagai tes/uji yang dapat diterapkan secara tepat. Hal itu diungkapkan Petugas Screening Puskesmas Kokap, Rina disela-sela kegiatan tersebut terhadap sebelas siswa kelas 1 MI Ma’arif Sangon, Rabu (18/9) pagi.

Screening yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun sekali untuk kelas 1 disemua SD/MI se-Kecamatan Kokap. Tidak hanya di SD/MI tetapi juga dijenjang selanjutnya kelas VII untuk SMP dan X untuk SMA. Screening ini bertujuan untuk mendeteksi kesehatan siswa sehingga dapat ditindak lanjuti. Sedangkan yang dipantau adalah gigi, telinga, mata, riwayat penyakit dan berat badan serta tinggi badan,” terang Rina.

Sementara petugas yang lain, drg. Muzayanah menuturkan bahwa pada screening tersebut terdapat 4 siswa yang harus dirujuk ke Puskesmas untuk perawatan gigi, 5  siswa terdapat telinga kurang bersih dan untuk mata siswa kelas 1 tidak ada keluhan. “Empat siswa harus dirujuk ke Puskesmas untuk perawatan gigi dan lima anak telinga kurang bersih. Sedang untuk mata tidak ada keluhan,” urainya.

Di sisi lain, guru kelas 1 Sri Wunarsih mengaku senang dengan kegiatan ini. “Saya sangat senang kelas 1 mendapat pemeriksaan screening ini, karena dengan pemeriksaan ini orang tua akan memperhatikan anak-anaknya tertutama dalam belajar siswa,” ucap Sri.

Kepala Madrasah, Rohadi, S.Ag., M.SI., selain mengucapkan terima kasih kepada pihak Puskesmas Kokap juga berharap agar program ini dapat memberi dampak positif bagi siswanya. “Mudah-mudahan program ini memberikan dampak positif agar anak didik di sekolah/madrasah . Mereka supaya terbiasa untuk berperilaku hidup bersih sehingga semua anak didik sehat. Dengan kesehatan yang prima tentunya akan mudah melaksanakan aktifitas pembelajaran,” asanya.

Adapun petugas screening dari Puskesmas Kokap diantaranya drg. Muzayanah, Rina, Isnaini Nurul, dan Sri Widati melakukan screening mata, telinga dan gigi. (dyh/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.