Kankemenag Kabupaten Keerom Study Banding ke KUA Nanggulan

Kepala Kankemenag Keerom, Karel F Mambay saat menyerahkan kenang-kenangan kepada Plt. Kepala Kankemenag Kulon Progo, Drs. H. Moh Mustolih di Ruang PTSP, Senin (9/9) pagi

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kabupaten Keerom Papua lakukan study banding pengelolaan PNBP ke KUA Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo. Sebelum meluncur ke KUA Nanggulan, rombongan berkenan mampir terlebih dahulu di Kankemenag Kulon Progo. Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Kankemenag Keerom, Karel F Mambay dan 11 peserta lainnya tiba di Kankemenag Kulon Progo, Senin (9/9) pagi.

Kepala Kankemenag Keerom, Karel F Mambay kepada Plt Kepala Kankemenag Kulon Progo yang juga Kasubbag TU, Drs. H. Moh Mustolih mengungkapkan bahwa Kabupaten Keerom adalah kabupaten pemekaran pada tahun 2003. Keerom terdiri dari 11 kecamatan (sebutan di Papua sesuai dengan Undang-Undang Otonomi Khusus disebut Distrik).

“Kami di Keerom ini adalah kabupaten pemekaran pada tahun 2003. Keerom terdiri dari 11 kecamatan yang dalam Undang-Undang Otonomi Khusus disebut Distrik. Kami hanya mempunyai dua KUA, 1 KUA membawahi 1 distrik dengan 10 kampung dengan 2 staf KUA. Sedang 1 KUA lagi membawahi 10 distrik. Adapun peristiwa nikah dalam 1 tahun ada 100 peristiwa,” ungkap Karel.

“Dari 11 kecamatan itu terdiri  dari sekitar 54 ribu penduduk meliputi Islam 25 ribu, Katholik 17 ribu, Kristen 12 ribuan. Sedang hindu dan budha hanya beberapa saja. Kami juga hanya mempunyai 87 ASN termasuk guru agama dan satu orang penyuluh agama fungsional,” imbuhnya.

“Selanjutnya kami berkunjung ke Kulon Progo ini dalam rangka Study Banding pengelolaan PNBP serta managemen KUA dan aplikasi Simkah ke KUA Nanggulan yang baru saju menjadi KUA Teladan tingkat Nasional. Dari study banding ini diharapkan ada hal-hal yang bisa diaplikasikan di Kankemenag Keerom yang saat ini bertipe IG,” pungkasnya.

Sementara itu Plt Kepala Kankemenag Kulon Progo, Drs. H. Moh Mustolih mengucapkan terima kasih atas kedatangan rombongan dari Kankemenag Keerom untuk study banding di KUA Nanggulan. “Kami ucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungannya. Terimakasih juga atas kepercayaaannya kepada KUA Nanggulan sebagai tempat study banding. Semoga benar-benar bisa membawa hasil baik yang bisa diambil untuk diterapkan di Kankemenag Keerom,” ucap Moh Mustolih.

Moh Mustolih juga menjelaskan secara singkat tentang profil Kankemenag Kulon Progo.

Usai bertemu Plt Kepala Kankemenag Kulon Progo, rombongan diantar oleh Tim dari Seksi Bimas Islam menuju ke KUA Kecamatan Nanggulan. (abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.