Masih Banyak Masjid dan Mushala Yang Belum Diluruskan Arah Kiblatnya

Masjid di Kabupaten Kulon Progo sampai saat ini yang masuk di data online yang ada di Kankemenag setempat sebanyak 1.159 buah. Untuk mushala sebanyak 1.185. Total masjid dan Mushala di Kulon Progo sejumlah 2.344. Penyelenggara Syariah Kankemenag Kulon Progo, Drs. H. Muh Fauzi, M.Pd.I., menyampaikan hal itu saat menjadi pembina apel di halaman kantor setempat, Jum’at (20/9) sore.

“Dari jumlah itu yang sudah diluruskan arah kiblatnya untuk masjid sebanyak 632 dan Mushala 206. Jadi keseluruhan berjumlah 838,” ungkapnya.

“Jadi dari 2.344 masjid dan mushala tersebut yang belum diluruskan arah kiblatnya sejumlah 1.506 tempat,” imbuh Fauzi.

“Pengurusan pelurusan arah kiblat ini tanpa biaya sama sekali alias gratis,” tegasnya.

Selain menyampaikan tentang masjid dan mushalla tersebut Fauzi juga menjelaskan tentang tanah wakaf. “Untuk tanah wakaf yang terkena proyek dan lain-lain sehingga tidak bisa digunakan lagi tidak bisa digantikan dengan uang atau lainnya. Akan tetapi harus digantikan dengan tanah juga. Itupun pengurusannya perlu proses panjang. Karena harus mendapatkan ijin dari Menteri Agama,” terangnya.

“Untuk itu mohon kepada semuanya untuk bisa menyampaikan informasi ini kepada masyarakat di sekitarnya,” pungkas Fauzi.(abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.