MI Ma’arif Garongan Ikuti Program Madrasah Unggul dan Berdikari LAZIS YBW UII

Kulon Progo (MI Ma’arif Garongan) – MI Ma’arif Garongan adalah salah satu sekolah yang menjadi peserta Program Madrasah Unggul yang diselenggarakan LAZIS YBW UII (Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Yayasan Badan Wakaf Universitas Islam Indonesia) bekerja sama dengan ELSAP. Setelah melalui beberapa seleksi ketat dan bersaing dengan 50 sekolah lainnya, akhirnya terpilih enam sekolah yang menjadi peserta program ini.

“Alhamdulillah, madrasah kami terpilih menjadi salah satu peserta Program Madrasah Unggul LAZIS YBW UII. Semoga bisa bermanfaat bagi madrasah dan juga pihak-pihak yang terkait,” tutur Kepala Madrasah,  Pertiwi Endah Pamungkas, S. E., S. Pd. Di madrasah setempat beberapa waktu lalu.

“Program Madrasah Unggul LAZIS YBW UII ini memberikan bantuan sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh juta rupiah). Sasaran bantuan tersebut digunakan untuk sarana dan prasarana, BUMM (Badan Usaha Milik Madrasah) dan PSM (Peran Serta Masyarakat),” terangnya.

“Sarana Prasarana bias digunakan untuk perbaikan sarana prasarana yang rusak. Badan Usaha Milik Madrasah sendiri berupa usaha yang dijalankan oleh pihak madrasah yang bisa menghasilkan keuntungan, yang nantinya akan digunakan untuk keperluan Madrasah. Sedangkan kegiatan PSM melibatkan masyarakat sekitar madrasah, seperti pengajian yang pelaksanaannya melibatkan banyak pihak,” imbuh Endah.

Lebih lanjut menurut Endah bahwa selain bantuan berupa materi, LAZIS YBW UII juga memberikan pendampingan atau mentor dari ELSAP  pada tiap madrasah yang akan mendampingi madrasah selama satu tahun ke depan  dan memberikan pelatihan-pelatihan kepada guru-guru madrasah satu kali dalam sebulan selama satu tahun serta bimbingan khusus untuk kepala Madrasah. “Hal ini tentu saja sangat bermanfaat dalam  meningkatkan kualitas dan mutu madrasah serta meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di madrasah,” pungkasnya.

Hasil evaluasi pertama diumumkan Senin (18/8) dan MI Ma’arif Garongan ada diperingkat pertama mengungguli lima madrasah lainnya. Hal ini menjadi cambuk bagi MI Ma’arif Garongan untuk berusaha lebih baik lagi. Program ini berakhir pada bulan Desember 2019 dan akan dipilih madrasah mana yang akan menjadi madrasah terbaik dari Program Madrasah Unggul Lazis YBW UII tahun 2019. (end/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.