Semarakkan Haornas, MIN 1 Kulon Progo Gelar Berbagai Lomba

Semarak Haornas di MIN 1 Kulon Progo

Kulon Progo (MIN 1 KP) – Olahraga itu mudah, bisa dilakukan kapanpun dan di manapun juga. Sehingga tidak hanya terpaku pada tersedianya fasilitas olahraga yang ada. Kepala MIN 1 Kulon Progo, Widodo, S,Pd.I., mengungkapkan hal itu di sela-sela kegiatan olahraga dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di madrasah setempat, Senin (9/9) pagi.

“Olahraga itu mudah, bisa dilakukan kapanpun dan di manapun juga. Sehingga tidak hanya terpaku pada tersedianya fasilitas olahraga yang ada,” ungkap Widodo.

“Peringatan Haornas ini memperingati momen pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama kali 9 September 1948. Pada waktu itu Presiden Sukarno membuka acara dan menjadi momentum sejarah perolahragaan Indonesia. Sampai sekarang setiap tanggal 9 September juga diperingati  sebagai Haornas,” imbuhnya.

Kegiatan diawali dengan apel pagi dihalaman madrasah, diikuti oleh 265 siswa dan didampingi semua guru dan karyawan MIN 1 Kulon Progo. Selesai apel dilanjutkan dengan senam dan jalan sehat di lingkungan madrasah dengan iringan group drum band madrasah. Sesampai di madrasah kembali, dilakukan tukar kado silang berupa makanan tradisional yang sudah disiapkan siswa. “Dengan tukar kado makanan tradisional, diharapkan anak mengerti jenis-jenis makanan tradisional,” terang Widodo menambahkan.

Selain makan makanan tradisional, juga dilakukan perlombaan tradisional, kelas I-III lomba memasukkan paku kedalam botol dan makan kerupuk. Sedangkan kelas IV-VI menghafal teks pembukaan UUD 45, lari jarak pendek dan gobak sodor. “Dengan terbiasa melaksanakan kegiatan olahraga maka akan terbentuk jasmani rohani sehat. Apabila jasmani dan rohani sehat maka melaksanakan aktivitas apapun akan menuju keberhasilan yang maksimal,” pungkasnya.

Kepala madrasah juga mengapresiasi kepada guru dan pegawai yang dengan senang hati bersepeda berangkat ke madrasah. Salah satu guru, Dayadi menyampaikan bahwa bersepeda bersama guru pegawai lainnya dapat meningkatkan motivasi dalam berolahraga. “Bersepeda dari rumah ke madrasah dengan jarak 26 km merupakan pengalaman yang cukup mengesankan dalam memperingati Haornas ini,” katanya. (etk/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.