TIM BPS Survey Layanan Kankemenag Kulon Progo

Kulon Progo (Kankemenag) – Sebanyak empat orang TIM dari Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan  survey layanan di Kankemenag Kulon Progo. Survey ini untuk mengetahui berbagai jenis layanan, cara/mekanisme, jumlah pengguna dan lain-lain. Ketua TIM yang juga Kasi IPDS BPS Kulon Progo, Andriana Nur Mahmud menyampaikan hal itu saat mengawali survey dan bertemu dengan  TIM Zona Integritas dan Reformasi Birokrasi Kankemenag Kulon Progo di Aula Riptaloka, Rabu (28/8).

“Survey kami kali ini membantu tugas dari KemenPAN-RB untuk mengetahui sejauh mana tentang jenis layanan, cara/mekanisme, jumlah pengguna dan lain-lain,” ungkap Andri.

“Ini menjadi salah satu tugas berat bagi kami, karena harus membantu KemenPAN-RB dalam memberikan penilaian terhadap layanan bagi instansi/lembaga. Harapannya semua layanan dari instansi/lembaga dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat yang dilayani,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Nurudin, S.H., M.A., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kantornya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. “Kami telah berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Dengan layanan prima menuju good government dan layanan yang bersih dari KKN diharapkan bisa memberikan kepuasan bagi pengguna layanan,” tegas Nurudin.

“Berbagai inovasi telah kami lakukan untuk meningkatkan layanan. Antara lain dengan adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA). Berbagai layanan bisa dilayani di PTSP dengan ruangan yang nyaman. Pengguna cukup menunggu di ruang PTSP. Sambil menunggu layanan selesai, pelanggan dapat menikmati snack dan minum gratis dan beberapa fasitilas lain,” urainya.

“Sementara itu untuk pendaftaran ibadah haji, calon jama’ah dipermudah dengan layanan PTSA bekerjasama dengan Bank Penerima Setoran (BPS). Pendaftar tidak perlu wira-wiri ke Bank dan Kankemenag. Cukup datang di ruang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), pendaftar sudah bisa langsung mendapatkan layanan Bank karena petugasnya sudah ada disitu,” imbuh Kakan.

Selain itu menurutnya, layanan publik di kantornya juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. “Kami berusaha  mempermudah akses disabilitas. Meski baru, tapi ini adalah langkah kami untuk berusaha mempermudah layanan bagi masyarakat. Ada juga area merokok dan sarana bermain untuk anak. Insya Allah nanti layanan kami juga bisa diakses secara online. Saat ini baru kita mulai menyosialisasikan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Adapun TIM BPS terdiri dari Andriana Nur Mahmud, Yiyin Marwati, Yulianti dan Lina Gussinta Dewi. (abi).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.