Hari Santri, MI Ma’arif Sangon Adakan Ziarah

Kulon Progo (MI Ma’arif Sangon) – Hari santri merupakan bentuk penghargaan kepada santri dan kaum pesantren yang terus menanamkan keluhuran akhlak dan kemandirian sebagai jati dirinya sehingga membentuk karakter bangsa. Momentum  hari santri ditransformasikan menjadi gerakan  penguatan  paham kebangsaan yang bersintesis dengan  keagamaan.

Pagi diadakan upacara bendera memperingati hari santri dengan pembina kepala madrasah. Setelah upacara bendera, sebanyak 70 siswa kelas I-VI bersama guru berziarah dengan berjalan kaki berjarak sekitar 500 km, sambil bersholawat menuju makam Kyai Abdulllah Mas’ud tokoh sekaligus pendiri MI Ma’arif Sangon, Selasa (22/10).

Selesai berziarah siswa masuk kelas masing-masing makan bersama  dengan nasi bungkus yang disediakan sekolah dan snack kado silang yang ditukar dengan teman satu kelas yang dibawa dari rumah. Hari santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam memperjuangkan, merebut, mengawal, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Memperingati hari santri ini guru beserta siswa sangat kompak, laki-laki mengenakan baju putih, sarung, dan berpeci. Sementara untuk yang perempuan memakai baju putih dan rok hitam,” kata Sri Wunarsih guru kelas I.

Kepala madrasah, Rohadi mengatakan upacara hari santri di MI Ma’arif Sangon sudah dilaksanakan 4 kali ini yang sejak tahun 2015 setiap tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai hari santri. “Siswa-siswi MI Ma’arif Sangon diharapkan meneladani santri meninggikan kalimat Allah untuk menegakkan agama Islam. Selain itu juga memperjuangkan aqidah dan syariah, lebih giat dalam menuntut ilmu untuk mengetahui peradaban serta budaya demi  untuk mencapai kemajuan,” ungkapnya. (dyh/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.