Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Kulon Progo Gelar Rakor Penyusunan Soal Penilaian Semester Gasal

Kulon Progo (K2MTs) – Kamis (10/10) bertempat di Rumah Makan Dapur Semar, Wates, Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (K2MTs) Kulon Progo menyelenggarakan koordinasi bersama ketua MGMP semua mata pelajaran MTs untuk penyusunan soal penilaian akhir semester (PAS) Gasal.

Ketua Kelompok Kerja sekaligus Kepala MTsN 1 Kulon Progo, Siti Muslimah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan waktunya dari semua hadirin. “Rakor kali ini untuk membahas penyusunan soal semester gasal. Adapun pelaksanaan penilaian akhir semester gasal akan dilaksanakan tanggal 2 – 14 Desember mendatang,” ucapnya.

“Kami juga menitipkan para CPNS Guru untuk dibimbing dan sharing bersama dalam MGMP untuk membuat perangkat pembelajaran ataupun wawasan tentang pembelajaran,” imbuh Siti Muslimah.

Lebih lanjut Siti Muslimah menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan diadakan latihan manasik haji yang wajib diikuti oleh semua guru karyawan MTs se-Kulon Progo. “Rencananya kegiatan manasik haji ini akan dilaksanakan hari Kamis 21 November 2019 dengan lokasi di Kulon Progo dan Bantul,” pungkasnya.

Sementara Sekretaris K2MTs yang juga Kepala MTsN 2 Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto, menjelaskan tentang teknis penyusunan soal. “Untuk teknis penyusunan soal di antaranya mulai dari penulisan kisi kisi, soal berbasis HOTS, kunci jawaban, jumlah soal dan ilustrasi teks dalam soal. Sedang untuk pengumpulan soal paling lambat hari Jumat, 1 November 2019 sampai kepada Koordinator masing masing mata pelajaran,” terang Dwi.

Sedangkan untuk sesi akhir berupa pembinaan dari pengawas madrasah, Dra.Hj. Kalimah, M.A. Secara singkat Kalimah menandaskan bahwa di samping aktif dalam pembelajaran dan administrasi perangkat pembelajaran, guru juga dituntut untuk melakukan penelitian (PTK). “Bukan hanya sekadar memiliki PTK ataupun laporan tetapi penelitian itu digunakan untuk perbaikan pembelajaran. Dalam buku 2 Penilaian Kinerja Guru (PKG) perlu optimalisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Begitu juga untuk kepala madrasah agar selalu memperhatikan kegiatan yang berbasis proses dan juga berbasis hasil. Harapannya tim 8 standar akan berlangsung sepanjang masa, bukan ketika akan dibutuhkan,” pesan Kalimah.

Terakhir pengawas madrasah berharap agar kepala MTs dan guru selalu meningkatkan pengembangan diri dan kompetensi diri. (izs/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.