Manasik Haji MTsN 1 Kulon Progo Pilih Firdaus Fatimah Azzahra

,

Kulonprogo (MTsN 1 KP) – Kegiatan manasik haji menjadi agenda rutin tahunan bagi MTsN 1 Kulon Progo. Kegiatan ini merupakan praktik dari materi pelajaran fikih yang diperoleh siswa di kelas. Hal berbeda dilakukan dalam manasik haji tahun ini. Kali ini manasik dilakukan di Fatimah Az Zahra Semarang, Sabtu (30/9). Diharapkan dengan pengambilan tempat di sini, siswa semakin memahami manasik haji yang dilakukan karena di lokasi ini terdapat semua miniatur lokasi seperi aslinya di Madinah dan Makkah.

“Di Fatimah Az Zahra kalian akan melakukan rangkaian ibadah haji secara nyata karena di sana lokasi-lokasi ibadah sudah dibuat seperti aslinya. Misalnya Masjid Nabawi, Masjidil Haram, Ka’bah, Arafah, Mina, dan Jamarat. Diharapkan kalian dapat lebih memahami ritual ibadah haji dan umrah secara nyata,” ungkap Kepala Madrasah, Dra. Hj. Siti Muslimah, M.Pd., dalam sambutan sesaat sebelum keberangkatan para siswa ke Fatimah Az Zahra.

Dalam manasik haji di lokasi ini, siswa begitu antusias karena mereka seakan-akan melakukan ritual haji sebenarnya. Tempat-tempat yang memang merupakan ikon rangkaian ibadah haji tersaji nyata di lokasi ini. Terlebih suasana panas dan juga banyak pengunjung semakin membuat nyata manasik ini mendekati ibadah umrah dan haji sebenarnya di tanah suci.

“Kegiatan manasik di lokasi Fatimah Az Zahra yang merupakan miniatur Madinah-Makkah ini memang baru pertama dilaksanakan MTsN 1 Kulon Progo. Kegiatan ini semoga dapat terus dilakukan demi kualitas pembelajaran yang selama ini terkesan teori saja,” jelas Waka Humas, Ali Rohman, S.Pd. Selain peningkatan kualitas pembelajaran, diharapkan kualitas kepuasan masyarakat juga bertambah karena terdapat kegiatan-kegiatan nyata dalam upaya membelajarkan anak pada ibadah. (smd)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.