Nafi, Siswa MIN 2 Kulon  Progo Raih Harapan 1 Lomba Batik Tingkat DIY

Yogyakarta (MIN2KP) – Nafiatu Zahro dari MIN 2 Kulon Progo meraih juara harapan 1 lomba batik tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba tersebut diadakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumuman pemenag dan penyerahan hadiah di gelar di  Monumen Serangan Umum Satu Maret Yogyakarta, Sabtu (5/10).

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Imma fatayati S.Ag., di sela-sela menghadiri penyerahan hadiah tersebut menerangkan bahwa acara ini kaitannya dengan kegiatan  lomba batik yang sudah dilaksanakan di Pondok Pemuda Ambarbinangun, Tirtonirmolo, Bantul, Rabu-Kamis (28-29/8) yang lalu. “Sebanyak 100 siswa SD/MI dan SMP utusan lima kabupaten/kota se-DIY ikuti lomba ini. Pelaksanaan di bagi menjadi dua hari, untuk tingkat SD/MI digelar Rabu (28/8), dan SMP hari Kamis (29/8),” ujar Imma.

Sedangkan penilaian lomba batik meliputi kerapian, tema desain mengangkat ciri khas budaya lokal,  komposisi unsur, dan prinsip serta kerapian hasil akhir. Yuri di ambil dari guru dan pengusaha batik yaitu Insanul Qisti Badriyah, Sarjono, Sutopo, Didik Wibobo dan Sarjiyah. Untuk kejuaraan diambil enam, yaitu Juara 1 Cinta Najwa dari SDN Panembahan, Juara II Nazara Aulia dari SDN Timuran, Juara III dari SDN Terbansari I, Juara Harapan 1 Nafiatu Zahra dari MIN 2 Kulon Progo, Juara Harapan II Estellezia Belka dari SDM ‘Aisyiah Unggulan Bantul, Juara Harapan III Nabila Nur Fatimah. Mereka diberi Piala, Piagam Penghargaan dan uang pembinaan,” lanjut Imma.

Sementara itu Kepala Dinas Dikpora DIY, R . Kadarmanta Baskara Aji dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai jembatan mensukseskan Gerakan Seni Masuk Sekolah. “Diharapkan di sekolah dikenalkan materi kesenian supaya siswa mengenal dan menjiwai seni . Pada kesempatan ini merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi. Beberapa kesenian yang dilombakan diantaranya batik, dolanan anak serta penyelenggaraan Bimtek Berbasis Budaya,” terangnya. (dan/ags)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.