Peringati Kesaktian Pancasila, MIN 2 Kulon Progo Gelar Upacara

Kulon Progo (MIN 2 KP) – Peringatan Hari Kesaktian Pancasila  dengan melaksanakan upacara bendera di MIN 2 Kulon Progo. Upacara diikuti dari kelas satu sampai dengan kelas enam seluruh guru dan karyawan. Upacara peringatan dilaksanakan di halaman madrasah setempat, Selasa (1/10) pagi.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Imma Fatayati S.Ag. mengungkapkan bahwa sehari sebelum upacara tanggal 1 Oktober, pada tanggal 30 September di kibarkan bendera setengah tiang. “Ini sebagai simbol duka masyarakat Indonesia karena telah kehilangan pahlawan yang berjasa besar terhadap pemerintah Indonesia. Mereka dinobatkan sebagai Pahlawan Revolusi,” terang Imma.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari Peristiwa Gerakan 30 September atau G30S/PKI yang akan menggantikan dasar negara Pancasila dengan faham Komunis dan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Sukarno. Dalam tragedi G30S/PKI ini ada enam perwira tinggi dan satu perwira menengah yang di bantai dan di masukkan ke dalam Sumur Lubang Buaya,” imbuhnya.

“Sudah banyak kejadian yang tidak baik karena pengaruh Teknologi Informasi melalui handphone, di harapkan siswa lebih hati-hati dan selektif dalam menggunakannya. Jangan sampai siswa MIN 2 Kulon Progo terpengaruh dengan budaya yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 45. Pancasila bukan sekedar sejarah kelahiran maupun kesaktian akan tetapi memaknai peringatan Nasional sebagai upaya menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa. Tidak boleh terpecah belah serta mengganti Pancasila dengan dasar yang lain,” pungkas Imma.

Pada peringatan ini siswa juga dihimbau agar menjadi pribadi yang luhur, memiliki cita-cita yang tinggi, belajar dan berusaha yang sungguh-sungguh supaya dapat tercapai cita-cita. Selain itu diharapkan juga memiliki iman dan taqwa kepada Allah SWT. (dan/ags)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.