Safari Jum’at, Assek Jumanto Ungkap Prestasi Nanggulan

Kulon Progo (Kankemenag) – Safari Jum’at menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Jum’at (25/10) giliran safari jum’at di Masjid Al Huda, Dampak-Sadang, Tanjungharjo, Nanggulan. Safari hari ini dipimpin oleh Assek Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kulon Progo, H. Jumanto, S.H.

Dalam sambutannya, Jumanto banyak mengungkap prestasi Kecamatan Nanggulan. “Alhamdulillah Kepala KUA Nanggulan berhasil meraih prestasi sebagai Juara Pertama KUA Teladan  tingkat Nasional. Ini sungguh prestasi yang luar biasa,” ungkapnya.

“Dari prestasi tersebut, saat ini KUA Nanggulan menjadi tujuan utama study banding KUA se-Indonesia,” imbuh Jumanto. “Selain itu, Camat Nanggulan, Duana Heru Supriyanta juga menerima Juara Pertama untuk pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tingkat Kabupaten Kulon Progo. Nanggulan juga memperoleh Juara Kedua untuk PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) serta Peringkat Pertama Kinerja Triwulan Ketiga tingkat Kulon Progo,” tambahnya lagi.

Sementara kepada jama’ah Masjid Al Huda, Dampak-Sadang, Jumanto berharap agar masyarakat memperhatikan pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.

Sebelumnya, Camat Nanggulan Duana Heru Supriyanta dalam ucapan selamat datang menyampaikan bahwa Pedukuhan Sadang menjadi peringkat pertama dalam pembayaran PBB sehingga menjadi pendukung Kecamatan Nanggulan dalam meraih prestasi tingkat Kulon Progo.

Selain itu, Duana juga menyampaikan bahwa Masjid Al Huda mulai dibangun pada tahun 1983. “Masjid ini berdiri di tanah kasultanan (Sultan Ground) dengan luas tanah sekita 1000 meter persegi. Terakhir direhab tahun 2018 dengan dana bantuan 30 juta rupiah dari Dukuh Sadang, Pargono yang seorang pengusaha,” terangnya.

“Beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan di masjid ini antara lain, TPA, Pengajian bapak-bapak, pengajian ibu-ibu, pengajian lapanan dan gerakan shalat subuh berjama’ah. Sedangkan untuk program pembangunan rencananya akan membangun dapur, rehab tempat wudlu dan toilet, serta tempat TPA,” pungkas Duana.

Dalam kegiatan Safari Jum’at ini selain silaturahmi juga diserahkan bantuan pembangunan masjid sebesar 2,5 juta rupiah dan bantuan modal usaha kepada tiga orang pedagang kecil masing-masing 500 ribu rupiah dari Baznas Kulon Progo. (abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.