Screening Kesehatan Siswa, Guru dan Karyawan MTsN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN 2 KP) – Kerja sama yang baik telah berlangsung lama antara madrasah dengan Puskesmas Temon. Mulai dari screening kesehatan, check up HB, gula darah, tensi, dan pemberian tablet Fe (tambah darah). Hal ini disampaikan guru Bimbingan Konseling dan kordinator kesehatan siswa MTs Negeri 2 Kulon Progo, Luthfia Latifah Hanum, S.Pd., di sela-sela kegiatan screening di madrasah setempat, Kamis (10/10).

“Kerja sama yang baik telah berlangsung lama antara madrasah dengan Puskesmas Temon. Mulai dari screening kesehatan, check up HB, gula darah, tensi, dan pemberian tablet Fe (tambah darah),” ungkapnya.

“Untuk hari ini, screening dan check up bertempat di ruang laboratorium IPA. Sejumlah 90 siswa kelas 8 dan 9 ikuti acara ini yang kemudian dilanjutkan dengan evaluasi pemberian tablet tambah darah. Tahap 1 sudah dimulai sejak bulan April 2019,” imbuh Hanum.

Adapun petugas kesehatan yang hadir dari Puskesmas Temon 2 antara lain: Yuliani, S.KM, Berti Lestari, A.Md, Henny Wakhidati, S, Kep, Ns, dan Prima Minta, A.Md. Kegiatan mulai dari penimbangan badan, ukur lemak, ckeck up gula darah dan mengisi format screening usia produktif. ”Dengan isian data di format ini, maka kondisi kesehatan guru dan karyawan di MTsN 2 Kulon Progo Insya Allah akan terpantau.  Maka kami harap bapak ibu mau lakukan screening ini,” ujar Henny.

Diiringi dengan canda tawa kegiatan screening ini berakhir sebelum siswa-siswi melaksanakan salat zuhur berjamaah. “Terima kasih ibu-ibu dari Puskesmas Temon 2 yang telah dengan ramah memeriksa kesehatan warga madrasah. Saya jadi tahu berapa tensi, gula darah dan lemak tubuh tanpa harus pergi ke puskesmas, dan gratis lagi,” ucap Barokatussolihah, salah satu guru bahasa Arab MTsN 2 Kulon Progo ini dengan riang. (izs/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.