Semarak Hari Jadi Kulon Progo, Guru MTsN 2 Jadi Penari Wira Pertiwi

Kulon Progo (MTsN2KP) – Tari Wira Pertiwi dari Keluarga Universitas Gajah Mada (Kagama) dengan cerita  perjalanan Nyi Ageng Serang melawan kompeni ikut memeriahkan Upacara Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang beralngsung di Alun-alun Wates, Selasa (15/10) sore. Peserta yang terdiri dari 40 personil Polisi Wanita Polres Kulon Progo, 30 Perempuan  Berkebaya dan 25 Komunitas Senam Puspita dengan anggun dan gagah menari Wira Pertiwi tersebut. Salah satu penari dari Perempuan Berkebaya adalah Barokatussolihah, S.Ag., MSI., guru MTsN 2 Kulon Progo.

“Alhamdulillah senang bisa ikut menari Wira Pertiwi dalam Upacara Hari Jadi Kulon Progo ini. Semoga kelompok/komunitas yang lain juga akan bisa ikut bergabung dengan kegiatan postif semacam ini,” ungkapnya dengan bangga.

Sebelum penampilan tari Wira Pertiwi juga ditampilkan Tari Kipas oleh 100 siswa SMK di bawah asuhan budayawan Joko Mursito, S.Sn. M.A.

Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedja dalam sambutannya berharap agar wilayahnya terwujud sebagai kabupaten yang aman, damai sentosa, rukun, bahagia dan sejahtera. “Dirgahayu Kabupaten Kulon Progo, semoga semakin mudah mewujudkan Kabupaten yang aman, damai sentosa, rukun, bahagia dan sejahtera,” harap Wabup.

Tata upacara peringatan dilaksanakan dengan bahasa Jawa mulai dari para petugas upacara dan inspektur upacara. Semua instansi di Kulon Progo dan pelajar mengikuti upacara ini. Lagu Hymne dan Mars Kulon Progo menandai upacara Hadeging Kabupaten, Pasukan Bergodo pembawa pusaka nan gagah menjadi perhatian tersendiri.

Sehari sebelumnya, Senin (14/10) sore, Wakil Bupati bersama Kankemenag Kulon Progo, Ketua MUI, FKUB, dan semua tokoh lintas agama menyelenggarakan doa bersama di ruang Sermo. Sedang pada malam harinya dilanjutkan  tirakatan  yang diselingi tampilan  Panembromo di alun alun Wates. (izs/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.