MTsN 5 Kulon Progo Peringati Hari Guru di Lapangan Sidowayah Samigaluh

Kulon Progo (MTsN5KP) – Guru merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Mendidik generasi muda yang kelak akan menjadi penerus bangsa. Mendampingi orang tua membimbing dan mengajarkan karakter serta akhlak pada anaknya. Menjadi sosok panutan atau role model bagi anak maupun muridnya. Selain itu, masih banyak lagi jasa guru sang pahlawan pendidikan. Sehingga tidak berlebihan jika setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Peringatan Ini merupakan sebuah apresiasi bagi seluruh guru di Indonesia atas jasa-jasanya mencerdaskan anak bangsa.

MTsN 5 Kulon Progo sebagai salah satu lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Samigaluh turut serta dalam peringatan Hari Guru tahun 2019 dengan mengikuti upacara di Lapangan Sidowayah, Gerbosari, Samigaluh, Senin (25/11) pagi. Upacara diikuti oleh semua lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Samigaluh, mulai dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK. Walaupun cuaca sempat gerimis, upacara tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Semua petugas upacara berasal dari tenaga pendidik, mulai dari guru sampai kepala sekolah. Kepala MTsN 5 Kulon Progo, Drs. Sukarlan bertugas sebagai pembaca do’a. Sedangkan Camat Samigaluh, Triyanto Raharjo, S.Sos., M.Si. bertindak sebagai pembina upacara. Dalam amanatnya, Triyanto membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim. Dalam pidato tersebut, Nadiem menyampaikan banyak hal penting dan pesan-pesan untuk para guru di Indonesia.

“Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar. Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas. Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas. Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, dan tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan,” ungkap Nadiem dalam sambutan tertulisnya.

“Apapun perubahan kecil itu jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” pungkasnya. (mic/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.