Peringati Hari Anak, MI Ma’arif Karangwuni Adakan Belajar di Luar Kelas

Kulon Progo (MI Ma’arif Karangwuni) – Kamis (7/11) pagi ada yang berbeda di MI Ma’arif Karangwuni. Semua siswa memakai pakaian olahraga dan disambut dengan senyum, salam, sapa oleh semua guru. Madrasah menyelenggarakan peringatan Hari Anak Internasional dengan kegiatan belajar di luar kelas.

Kegiatan diawali dengan berkumpul di halaman madrasah kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya (3 stansa) dan dilanjutkan tepuk hak anak serta yel-yel sekolah ramah anak. Setelah itu, dilakukan kerja bakti membersihkan dan memeriksa lingkungan, memindahkan hal- hal yang membahayakan siswa, mematikan lampu, serta mematikan kran yang masih terbuka.

Kegiatan diselingi istirahat dan diisi dengan makan bersama. Siswa membawa bekal yang telah disediakan oleh orang tuanya yang berisi sayur dan lauk. Sebelum makan dimulai dilakukan kegiatan cuci tangan serta berdoa sebelum makan, begitu pula sesudahnya. Setelah istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan bermain permainan tradisinal. Siswa kelas satu sampai tiga bermain dakon, sedangkan kelas empat sampai enam bermain gobag sodor.

Kemudian acara diakhiri dengan simulasi evakuasi bencana dengan gerak dan lagu “jika ada gempa lindungi kepala, jika ada gempa berlindung dibawah meja, jika ada gempa siap antri, kumpul di lapangan”. Begitu sebait lagu yang dinyanyikan siswa dalam simulasi evakuasi bencana juga yel-yel madrasah yang di pimpin oleh Zuliyanta. Peringatan hari anak internasinal diakhiri dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.

Kepala madrasah, Hartati, S.Pd.I. mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini untuk melatih siswa agar cinta tanah air, melatih kerja sama, saling menghormati, mencintai permainan tradisional, dan tanggap terhadap bencana. “Tujuan dari kegiatan ini untuk melatih siswa agar cinta tanah air, melatih kerja sama, saling menghormati, mencintai permainan tradisional, dan tanggap terhadap bencana,” ungkapnya.

Sementara Ketua Tim hari anak di MI Ma’arif Karangwuni, Hj. Marfu’ah menyampaikan bahwa kegiatan sehari belajar di luar kelas dalam rangka memperingati Hari Anak Internasinal  yang serantak dilaksanakan pada tanggal 7 November diikuti oleh semua siswa dari kalas  satu sampai enam yang berjumlan 112 siswa. (ttk/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.