Peringati Hari Ramah Anak Nasional, MTsN 3 Kulon Progo Adakan PLS Kewirausahaan

Kulon Progo (MTsN 3 KP) – Pendidikan kewirausahaan sangat penting diberikan kepada siswa sebagai bekal untuk masa yang akan datang. Dalam rangka Hari Ramah Anak, siswa kelas 7 dan 8 yang berjumlah 140 siswa diajak mengunjungi tempat kerajinan yang berada di Dusun Sadang, Tanjungharjo, Nanggulan, Kamis (7/11).

“Pengenalan kewirausahaan bagi siswa perlu disampaikan sejak dini sebagai bekal mereka. Mengingat pada era digital sekarang ini banyak anak yang kurang peduli terhadap lingkungan, padahal hasil produksi di sekitar kita bila dikelola dengan baik akan menghasilkan ladang usaha,” ungkap Muslich Purwanto, Kepala MTsN 3 Kulon Progo.

Jarak dari madrasah ke lokasi sejauh 1,5 km ditempuh dengan berjalan kaki. Mereka disambut baik oleh Pargono selaku pemilik home industry serat alam, Murakabi yang sekaligus Dukuh Sadang. Home industry tersebut bergerak dibidang anyaman serat alam. Berbagai macam produk yang dihasilkan yaitu mebeler, suvenir, dan berbagai peralatan rumah tangga. Home industry yang berada di Pedukuhan Sadang hanya dijadikan sebagai rumah produksi, sedangkan showroomnya berada di Bali. Jumlah karyawan ada 23 orang sebagai pemroduksi dan sebagian dikerjakan dirumah yang telah tersebar di berbagai kecamatan antara lain di Nanggulan, Girimulyo, dan Panjatan. Sedangkan jumlah karyawan yang berada di showroom sebanyak 13 orang.

Pemasaran hasil produksi sudah sampai empat benua yaitu Asia, Australia, Eropa, dan Amerika. Bahan baku diambil dari Sleman, Madura, dan Jawa Barat. Hal tersebut dikarenakan bahan di sekitar Kulon Progo sudah menipis. “Kegiatan ini sangat bagus diperkenalkan kepada siswa agar mereka mengenal dunia usaha secara konkret, selain itu terjalin kerjasama pihak kerajinan dengan sekolah,” ungkap Pargono.

Wakil Kepala Madrasah Urusan Humas,  Bekti Pratiwi optimis dengan kegiatan tersebut karena siswa merasa senang dan memperoleh ilmu yang tidak didapat di sekolah saja. Sementara Murgono selaku Wakil Kepala Madrasah Urusan Kesiswaan mengharapkan agar kegiatan ini dapat dijadikan agenda rutin tahunan. Hal tersebut supaya siswa semakin semangat dalam mengenal dunia usaha dan dapat menjadi inspirasi mereka untuk masa yang akan datang. (end/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.