Terima Audiensi Jurnalis Madrasah, Kakan Ahmad Fauzi: Jaga Image Kemenag

Kulon Progo (Kankemenag) – Keberadaan jurnalis madrasah sangat penting untuk membangun image positif Kemenag, terutama madrasah itu sendiri. Opini masyarakat harus terus dibangun, agar Kemenag dan Madrasah unggul dari instansi yang lain. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H., mengungkapkan hal itu saat menerima audiensi jurnalis madrasah di ruang kerjanya, Selasa (19/11) siang.

“Dengan semangat dan optimis, kita harus bisa bersama untuk membangun image yang baik di Kemenag. Jangan sampai ada image negatif yang dapat menghancurkan atau menutupi kebaikan instansi kita,” ungkapnya.

Terkait dunia jurnalistik, Kakan menjelaskan bahwa sebenarnya menulis itu adalah hal yang biasa. “Semua orang mempunyai kemampuan untuk menulis. Maka jangan ragu-ragu untuk menulis, kita harus berani. Meskipun menulis karya ilmiah dengan media itu sedikit berbeda, karena menulis di media itu lebih sederhana. Yang jelas, jangan mengharap imbalan atau kompensasi dari apa yang kita tulis. Biarkan itu menjadi nilai plus bagi kita,” pinta Kakan yang mengaku sempat aktif menulis di media juga sebelum menjadi PNS.

Ahmad Fauzi juga menyinggung berita di website yang jarang dibuka oleh masyarakat. Sehingga berita juga harus dikirim ke media agar berita-berita madrasah dan Kemenag dapat muncul di media massa. “Website kita masih sangat jarang dibuka orang, maka  berita juga harus dikirim ke media massa. Kami akan berusaha membuka pintu ke media agar berita-berita madrasah dan Kemenag dapat muncul di sana,” imbuhnya.

Namun demikian menurut Kakan, dalam menulis kata-kata atau istilah yang belum banyak diketahui oleh semua orang, haruslah diperjelas agar mudah dipahami. “Penulisan yang bersifat substantif juga harus ditulis secara konsisten dan sesuai nomenklatur yang berlaku,” pesan Kakan.

Sementara itu Jurnalis MTsN 2 Kulon Progo, Barokatussolihah S.Ag., M.S.I., di sela-sela audiensi tersebut mengungkapkan bahwa tujuan  menghadap ke Kepala Kankemenag Kulon Progo selain untuk berkenalan dengan pejabat yang baru juga memohon bimbingan, arahan, dan saran agar lebih termotivvasi untuk mewartakan dan memublikasi madrasah. “Kami ingin mendapatkan saran, bimbingan dan arahan dari bapak agar lebih termotivasi dalam mewartakan madrasah,” terang Ika yang pada kesempatan tersebut juga menyerahkan salah satu buku karyanya kepada Kakan.

Hadir dalam audiensi ini Barokatussolihah dan Juli Wimboko (Jurnalis MTsN 2), Siti Mulbisah dan Septy Andari Putri (MTsN 1), Sutanto (MTsN 6), Thoha Elfaiz (MTsN 4) Sri Endah (MTsN 3) serta Etik Fadlilah Ihsanti dari MIN 1 Kulon Progo. (abi)

1 reply
  1. Rini Dwi Hastuti
    Rini Dwi Hastuti says:

    Perlu konsistensi dan keistiqomahsn yang kuat dari diri pribadi dan usaha menciptakan sistem yang mendukung. Selamat datang perubahan. Bismillahirrahmanirrahim.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.