Kuatkan Empati, MTsN 5 Kulon Progo Bantu Bedah Rumah Di Sidoharjo

Kulon Progo (MTsN5KP) – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kembali mengadakan program bedah rumah di Kapanewon Samigaluh, Ahad (26/1/2020). Kali ini lokasi bedah rumah terbagi menjadi dua tempat. Yang pertama rumah Kadari di Pedukuhan Nyemani, Sidoharjo dan yang kedua rumah Priyono di Pedukuhan Ngaliyan, Ngargosari. MTsN 5 Kulon Progo ikut membantu bedah rumah di rumah Kadari, mengingat lokasinya yang sangat dekat dengan madrasah setempat. Selain guru dan karyawan, siswa-siswi anggota OSIS juga banyak yang datang.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kulon Progo, Drs. Eka Pranyata mewakili Bupati Kulon Progo yang kebetulan berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa program bedah rumah sudah menjadi ciri khas Kulon Progo dibanding dengan daerah lain.

“Kegiatan bedah rumah ini merupakan ciri khas Pemerintah Kulon Progo karena sudah rutin dilakukan. Setiap ada proposal pengajuan pembangunan segera ditanggapi dan ditindaklanjuti, kira-kira cukup satu bulan sudah langsung eksekusi,” ungkapnya.

Selanjutnya ia mengapresiasi banyaknya siswa-siswi yang ikut membantu kegiatan. Ia menyampaikan soal pentingnya pendidikan karakter untuk anak terutama pada zaman milenial seperti sekarang.

“Terlibatnya siswa-siswi dalam kegiatan ini termasuk pendidikan karakter yang baik. Ini akan memunculkan rasa empati dan persaudaraan mereka,” tuturnya.

“Disamping itu juga ampuh untuk melatih kemandirian. Kemandirian tidak bisa dibentuk dalam waktu sesaat, oleh karena itu jiwa kemandirian harus ditanamkan sejak dini kepada anak, karena itu akan sangat berguna nantinya ketika mereka memasuki dunia kerja,” imbuhnya.

Adapun sumber dana utama program bedah rumah ini berasal dari BAZNAS Kulon Progo dan PT. TASPEN Cabang Yogyakarta, masing-masing sebesar Rp. 15.000.000,- ditambah dengan sumbangan dana dari beberapa instansi, diantaranya UPZ Samigaluh, MTsN 5 Kulon Progo, dan SMPN 3 Samigaluh.

Selain bantuan dana, banyak juga bantuan berupa tenaga yang diantaranya berasal dari DPRD Kulon Progo, Polsek Samigaluh, Koramil Samigaluh, Satpol PP, Dinsos PPPA Kulon Progo, siswa-siswi MTsN 5 Kulon Progo dan siswa-siswi SMPN 3 Samigaluh.

Bedah Rumah Swadaya Berbantuan menjadi salah satu agenda rutin bagi Pemerintah Kabupaten Kulon Progo. Melalui BAZNAS Kulon Progo, program ini merupakan hasil dari kumpulan zakat PNS yang ditasyarufkan. (mic/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.