Penghulu Harus Melek Media

Kulon Progo (Kankemenag) – Para penghulu dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) harus siap menghadapi dinamika era industri 4.0. Mereka juga harus melek media, karena berbagai aplikasi telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Kasi Bimas Islam Kankemenag Kulon Progo, H. Saeful Hadi, S.Ag., M.Pd.I., menegaskan hal itu Sosialisasi dan Workshop E-Penghulu yang berlangsung di Ruang Krisna, Rumah Makan Dapur Semar, Wates, Kamis (9/1/2020) pagi.

“Para penghulu dan Kepala KUA agar  siap menghadapi dinamika era industri 4.0. Mereka juga harus melek  media, karena sudah bukan hal asing lagi dengan berbagai aplikasi tetapi yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Pokja Penghulu, M. Latif Nurul Huda, S.Ag., M.SI., mengungkapkan bahwa  dari kegiatan supaya para penghulu se-Kulon Progo mau dan mampu mengajukan DUPAK pribadinya yang selama ini masih  menggunakan manual dan harus menyusun berkas yang bertumpuk tumpuk sehingga tidak praktis dan efisen,” ujar Latif.

Hadir sebagai narasumber Samanto, S.HI. M.H, yang menyampaikan kegunaan aplikasi E- Penghulu, teori serta langkah-langkah menyusun DUPAK secara online yang lebih kekinian dan efektif. Tampak para peserta antusias dan mengikuti workshop dengan praktik langsung di bawah bimbingan narasumber.

Kepala KUA Kalibawang, Afwan Zuhdi, S.Ag., M.A., berharap agar dari kegiatan ini peserta dapat segera menyusun DUPAK sehingga kepangkatan tidak stagnan. “Semoga dengan sosialisasi E-Penghulu ini, peserta segera menyusun DUPAK sehingga kepangkatan, golongan tidak stagnan atau pun jalan di tempat,” ujar Afwan.

Sosialisasi dihadiri semua Kepala KUA dan penghulu se-Kulon Progo dengan swadana mandiri.  (izs/abi)

1 reply
  1. mbah Warsi
    mbah Warsi says:

    Mestinya itu hal yg mudah. Penghulu KP kan masih muda muda. sepanjang yg belum menguasai tidak malu untuk bertanya.

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.