Perkuat Sinergi, MI Muhammadiyah Serangrejo Sosialisasi dan School Strategic Discussion Sekolah Literasi Indonesia

Kulon Progo (MUSERA) – MI Muhammadiyah Serangrejo menyelenggarakan sosialisasi Sekolah Literasi Indonesia (SLI) dan School Strategic Discussion (SSD) guna meningkatkan sinergi seluruh komponen sekolah serta kualitas literasi yang meliputi kepemimpinan sekolah, strategi dan budaya sekolah, Selasa (28/1/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan, komite sekolah, orangtua/wali murid, alumni serta guru dan karyawan MI Muhammadiyah Serangrejo.

Kegiatan SSD merupakan tindak lanjut dari tahap pengukuran awal SLI di mana setiap sekolah diukur berdasarkan indikator yang telah dibuat. Dari hasil pengukuran 10 sekolah dampingan, ada 4 indikator yang masih berada dalam kategori perlu ditingkatkan, yaitu aspek perencanaan strategis, lingkungan kelas, program literasi, dan efektivitas literasi. “Kami mengundang dari PCM hingga alumni untuk bersama-sama berdiskusi, mencari solusi atas ke empat permasalahan tersebut, kemudian kami juga menuliskan harapan-harapan serta menandatangani komitmen bersama untuk kemajuan MI Muhammadiyah Serangrejo,” ungkap Sumarsih, Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo.

Diskusi dipimpin oleh Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo, Sumarsih dengan dibagi menjadi 4 kelompok yang masing-masing membahas satu aspek, yaitu perencanaan, lingkungan kelas, program literasi, dan efektivitas literasi. Diskusi berjalan dengan lancar dan hasil diskusi dipresentasikan.

Wahyu, salah satu Konsultan Relawan SLI mengaku senang melihat semangat perubahan dari para peserta diskusi. Ia juga menjelaskan, literasi tidak hanya berfokus pada peningkatan keterampilan membaca saja, namun juga menulis dan berkomunikasi/berbicara. “Inilah mimpi kita untuk generasi saat ini, ada 3 cara yang harus dilakukan untuk mewujudukan hal itu, yaitu dengan diprogramkan, kemudian dilakukan bersama-sama, dan yang terakhir yaitu harus konsisten. Sekolah Literasi Indonesia, menyatu dan luar biasa!,” tegasnya. (del/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.