Rapat Dinas Perdana, Kamad Asnah Tekankan 4 Poin Penting

Kulon Progo (MTsN5KP) – Setidaknya ada empat poin penting dalam mengawali pembelajaran semester genap di MTsN 5 Kulon Progo. Untuk sukses dalam menempuh semester genap tersebut perlu dibahas dan ditetapkan program kerja. Kepala MTsN 5 Kulon Progo, Hj. Asnah Al Amien, S.Ag., M.S.I., menekankan hal itu saat memimpin Rapat Dinas Perdana di Gedung Laboratorium IPA madrasah setempat, Senin (13/1/2020).

Pertama, ia memberikan pengarahan bahwa dalam membuat administrasi guru jangan hanya karena ada pengawas.

“Membuat administrasi itu jangan hanya jika ada pengawas, karena itu adalah kebutuhan kita sendiri. Mindset kita harus dirubah mulai sekarang,” tandasnya.

Kedua, Asnah menegaskan untuk segera membuat Sasaran Kerja Pegawai (SKP) demi kelancaran saat ada audit.

Ketiga, Kamad menyinggung soal kedisiplinan siswa. Menurutnya, siswa butuh pendampingan dan pengawasan guru dalam melatih kedisiplinan.

“Anak kita itu butuh pendampingan untuk melatih disiplin. Misalnya saat tadarus jam pertama, diharapkan bapak ibu guru rajin mendampingi mereka,” jelasnya.

Poin terakhir, Asnah membahas rencana kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada semester genap. Setidaknya ada 13 kegiatan yang dibahas bersama, diantaranya les malam, ujian praktik, UAMBN, USBN, UN, PAT, safari jum’at, PPDB, dan pesantren ramadhan. Salah satu kegiatan, yakni les malam merupakan kegiatan yang rutin dilakukan menjelang UN, dimana guru dan seluruh siswa kelas IX menginap di madrasah saat malam ahad.

Asnah berpesan bahwa musyawarah harus selalu diutamakan dalam penyelesaian masalah. “Jika ada masalah, apapun masalahnya, marilah kita selesaikan dengan bermusyawarah bersama,” pungkasnya.

Sebelum rapat, kegiatan diawali dengan taddarus Surat At Takatsur yang dipimpin oleh Suparman. Setelah taddarus dilanjutkan dengan kultum yang disampaikan oleh Guru Fiqih, Sarkowi, S.P.d.I., yang membahas tentang balasan surga bagi yang rajin sholat berjamaah, berdzikir, dan mendatangi majelis ilmu. (mic/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.