Belajar di Luar Kelas Bersama BPCB

Kulon Progo (MTsN4KP) – Bekerjasama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY, MTsN 4 Kulon Progo mengadakan belajar di luar kelas dengan nonton bareng di aula Madrasah, Senin (24/02/2020).

Kepala MTsN 4 Kulon Progo, Drs. Sukarlan menyambut baik kerjasama tersebut. “Kegiatan ini untuk mengenalkan kepada siswa tentang budaya adiluhung yang dimiliki bangsa ini. Sehingga ada rasa bangga  dan semangat untuk melestarikannya,” ungkap Kamad.

Kepala Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi BPCB,DIY, Dra. Indarti Nurwidayati,  selain menjelaskan dan mengenalkan  tugas dan fungsi BPCB juga mengenalkan akan perbedaan antara cagar budaya bendawi dan non bendawi. “Cagar budaya bendawi, seperti candi, patung, jembatan, rumah bersejarah yang berusia lebih dari 50 tahun  yang memiliki arti khusus bagi masyarakat atau bangsa Indonesia. Sedangkan cagar budaya non materi, seperti tari tradisional, seni rupa, permainan rakyat  ataupun olahraga tradisional,” terangnya.

Dengan  metode dialogis, pemateri BPCB  dapat menumbuhkan antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan tersebut. Sebelum acara dimulai, ditampilkan pentas seni yang dilakukan oleh siswa kelas IX. Dan pada sesi pemutaran film, diputar tiga film, yaitu Mengenal Balai Budaya, Darma Siwagraha, dan Ada Apa Dengan Cinta 2.  (elf/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.