Bimwin, Keluarga Sebagai Pondasi Pembangunan SDM

Kulon Progo (Kankemenag) – Keluarga yang kuat merupakan pondasi terpenting dalam pembangunan sumber daya manusia. Bimbingan Perkawinan bermanfaat untuk mempersiapkan calon pengantin dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Hal tersebut disampaikan Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H., saat menjadi Narasumber pada Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin yang berlangsung di Aula Menoreh kantor setempat, Senin (17/2/2020) pagi.

“Keluarga sebagai pondasi dalam pembangunan SDM. Maka masing-masing pasangan calon pengantin harus dipersiapkan dalam membangun bahtera rumah tangga. Harapannya semua pasangan menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah,” ungkap Kakan.

Lebih lanjut menurut Fauzi, bahwa nilai-nilai keagamaan, atau yang sering dipahami sebagai iman dan takwa, menjadi landasan yang kuat dalam menjaga rumah tangga yang sakinah mawaddah warahmah tersebut. “Nilai-nilai keagamaan harus terus ditingkatkan, karena ini menjadi landasan dalam menjaga rumah tangga menuju sakinah mawaddah warahmah,” imbuhnya.

Selain itu, dalam menempuh kehidupan berumah tangga juga perlu diperhatikan beberapa asas perkawinan. Antara lain: bertujuan membentuk rumah tangga yang bahagia dan kekal, berdasar agama dan dicatat, monogami, pendewasaan usia kawin, mempersulit perceraian, serta keseimbangan kedudukan dan hak.

“Perlu pendewasaan usia perkawinan karena pada usia yang kurang seseorang masih belum stabil emosi dan egonya,” terang Kakan yang asli Bantul ini.

Terkait adanya beberapa pasangan calon pengantin yang berhalangan hadir dengan alasan tidak mendapatkan ijin dari perusahaanya, Kakan Ahmad Fauzi mengaku sudah menjalin kerjasama dengan Pemkab Kulon Progo melalu Dinas Tenaga Kerja. “Intinya agar karyawan perusahaan yang akan mengikuti Bimbingan Perkawinan bagi Calon Pengantin dapat diberikan dipensasi tidak masuk kerja,” pungkasnya. (abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.