CLBK di MTsN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN2KP) – CLBK di MTsN 2 Kulon Progo bukanlah singkatan dari Cinta Lama Bersemi Kembali, tetapi Cukup Lama berpisah, akhirnya Bertemu Kembali. Itulah yang terjadi di MTsN 2 Kulon Progo, Senin (24/2/2020) pagi antara guru dan karyawan dengan Pengawas Madrasah Kankemenag Kulon Progo, Barokatussolihah. Sebelumnya, Ika (sapaan akrabnya) adalah guru bahasa Arab di madrasah tersebut, dan kemudian dilantik menjadi pengawas pada awal tahun 2020. Saat sampai di Madrasah, Ika langsung masuk ke ruang guru untuk menyapa dan temu kangen dengan para guru setelah cukup lama tidak bertemu.

“Ini merupakan kunjungan pertama  saya ke MTsN 2 Kulon Progo sebagai pengawas dengan agenda verifikasi administrasi dan perangkat pembelajaran semester genap tahun ajaran 2019/2020,” ungkap Ika.

“Verifikasi administrasi adalah agenda rutin dari pengawas untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan sekali dalam tiap semester. Tujuan dilakukannya verifikasi ini adalah untuk mengawasi dan menjaga agar sistem pendidikan tetap berada di jalur dan standar yang sudah ditetapkan, ada perencanaan yang matang, pelaksanaan yang tepat, dan evaluasi yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik,” imbuhnya.

“Oleh karena itu, setiap guru harus menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk kebutuhan pembelajaran. Kelengkapan administrasi juga termasuk dalam pengamalan 5 nilai budaya kerja Kementerian Agama, karena bisa menunjukkan tingkat integritas dan tanggung jawab dari seorang guru,” terang Ika lebih lanjut.

Dalam kunjungannya tersebut, Ika menyampaikan agar guru tetap semangat menjalankan tugasnya mencerdaskan anak bangsa. Karena kedepannya tantangan yang dihadapi akan semakin berat, maka para guru juga dituntut untuk lebih kreatif dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Untuk CPNS yang ada di madrasah, Ika menyampaikan bahwa pada bulan April nanti akan ada verifikasi dokumen sekaligus visitasi kelas.

“Oleh karena itu, CPNS diharapkan mempersiapkan diri dan juga menyiapkan dokumen administrasi yang dibutuhkan. Jangan malu dan sungkan  untuk belajar kepada guru-guru senior tentang kelengkapan administrasi ini. (dan/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.