Kultum MAN 3 Kulon Progo, Ketika Kita Diberi Sehat

Kulon Progo (MAN3KP) – Madrasah Aliyah Negeri 3 Kulon Progo senantiasa mengembangkan karakter untuk meningkatkan iman dan takwa stakeholder madrasah. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui kuliah tujuh menit (kultum) usai salat dzuhur berjamaah di Masjid Sultan Agung Kalibawang. Pada Hari Senin kultum disampaikan oleh guru dan pegawai, sedangkan Selasa sampai Sabtu disampaikan oleh siswa. Yang menjadi jamaah adalah seluruh siswa, guru, pegawai, dan masyarakat.

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri adalah dengan meningkatkan hubungan horizontal. Hubungan horizontal berupa peningkatan hubungan diri dengan sesama manusia yaitu menjalin komunikasi, bekerja sama dengan baik, dan menghindari perselisihan serta permusuhan. “Dua nikmat yg sering dilupakan manusia adalah nikmat sehat dan sempat (nikmataani magbuunun fiihi min kasrotinnaasi asshihhatu wal faraagh). Oleh karena itu, ketika kita diberikan banyak nikmat oleh Allah SWT maka kita harus memaksimalkan dengan cara meningkatkan kualitas diri baik kepada sesama maupun kepada Allah SWT,” ungkap M. Hadiyuddin, S.Ag. dalam kultumnya, Senin (10/2/2020).

Selain meningkatkan hubungan horizontal juga meningkatkan kualitas diri dengan meningkatkan hubungan vertikal, yaitu hubungan kita dengan sang khalik Allah SWT. Salah satu cara untuk menjalin hubungan vertikal yaitu dengan meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT, menegakkan sholat, mengerjakan puasa, dan membayar zakat.

Pak Hadi (panggilan akrabnya) lebih lanjut menjelaskan bahwa mengerjakan salat haruslah dengan tumakninah disetiap gerakannya. Sebagaimana Rasulullah SAW. pernah meminta seseorang untuk mengulangi salatnya sebanyak tiga kali karena salatnya tidak tumakninah. Ini menunjukkan betapa pentingnya salat itu dalam agama Islam. Demikian sebagian dari kultum yang disampaikan Hadi usai shalat dzuhur sebagai siraman rohani agar dapat meningkatkan ketakwaan seluruh keluarga besar MAN 3 Kulon Progo dan masyarakat terkait pentingnya membangun hubungan baik dengan sesama manusia dan kepada Allah SWT. (nur/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.