Manasik Haji Sepanjang Tahun, Perlu Pemerataan Pembimbing Tersertifikasi

Kulon Progo (Kankemenag) – Manasik haji sepanjang tahun telah dilaunching oleh Kementerian Agama. Di wilayah Kulon Progo, manasik haji ini juga telah dilaunching beberapa waktu lalu di Masjid Agung Wates. Sedangkan untuk pelaksanaannya dilaksanakan melalui program Jum’at Manasik yang dilakukan di Kantor Urusan Agama. Peserta adalah calon jama’ah haji untuk keberangkatan tahun 2020 dan 2021 dari KUA setempat, maupun gabungan dari beberapa KUA.

Kepala Kankemenag Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S.H. berharap ada pemerataan Tim Pembimbing manasik haji yang sudah tersertifikasi.  Meski demikian tidak menutup kemungkinan seorang pembimbing dari kapanewon tertentu memberikan materi di kapanewon lain. Hal tersebut disampaikan Ahmad Fauzi di sela-sela mengikuti Rapat pembahasan tindak lanjut rencana strategis tahun 2020-2024 di Rumah Dinasnya, Selasa (11/2/2020).

“Kita sudah mempunyai banyak pembimbing manasik haji yang sudah bersertifikat. Agar program Jum’at Manasik ini dapat berjalan lancar semuanya, tentu perlu adanya penyebaran pembimbing tersebut. Masing-masing kapanewon harus ada, meski tidak meutup kemungkinan pembimbing dari kapanewon yang satu menjadi pembimbing di wilayah yang lain,” tegas Kakan.

Selain menyinggung pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun, Kakan juga mengingatkan materi Rapat Kerja Kanwil yang harus dipersiapkan. Diantaranya terkait evaluasi pelaksanaan anggaran, rencana program, strategi pelaksanaan anggaran, serta ekspose berbagai prestasi yang telah diraih. (abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.