Market Day MIMAGA, Latih Jiwa Wirausaha

Kulon Progo (MIMAGA) – MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) menggelar program Market Day. Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik siswa berlatih ekonomi mandiri, melatih jiwa kewirausahaan, pembelajaran hitung nominal uang dalam pelajaran matematika,  melatih  kerja keras yang sungguh sungguh dan mendidik kejujuran, sopan santun yang tinggi, serta berakhlak mulia. Kepala MI Ma’arif Garongan, Pertiwi Endah Pamungkas, SE, S.Pd., menyampaikan hal itu saat memberikan sambutan pada pembukaan Market Day yang berlangsung di madrasah setempat, Jum’at (14/2/2020).

“Market Day ini untuk mendidik siswa berlatih ekonomi mandiri, melatih jiwa kewirausahaan, pembelajaran hitung nominal uang dalam pelajaran matematika,  melatih  kerja keras yang sungguh sungguh dan mendidik kejujuran, sopan santun yang tinggi, serta berakhlak mulia dalam berjualan, yang selalu menyelaraskan  diri sebagai Madrasah  Mandiri Berkarakter,” ungkap Endah.

“Model Project Based Learning Market Day adalah sebuah Model Pembelajaran Berbasis Proyek yang melibatkan siswa untuk merekontruksi pengetahuan, ketrampilan dan mengkulminasikan dalam produk nyata serta memasarkan produknya kepada teman, guru dan masyarakat sekitar melalui kegiatan bazar atau melalui pasar madrasah,” imbuhnya.

Dalam kegiatan Market Day MIMAGA tersebut, siswa dibagi perkelas untuk menyiapkan daftar menu apa saja yang akan diperjualbelikan dengan promo poster yang menarik  berikut jumlah dan daftar harga. Siswa siswi MIMAGA antusias dalam mendesain, menata, menyiapkan dan menyajikan makanan sehat yang  di kemas bersama teman satu kelasnya dan dibantu oleh orang tua wali murid , kemudian diperjualbelikan bersama dalam acara Market Day.

Beragam makananpun disajikan untuk diperjualbelikan dalam Market Day MIMAGA antara lain jajanan pasar, lutis, aneka Jus buah, sub buah,  gorengan, udang goreng, kreasi makanan yang sangat menarik, makanan tradisional, dan juga  souvenir hasil karya siswa.

Dalam kegiatan tersebut, MIMAGA juga  melibatkan wali murid untuk berpartisipasi dalam membeli dagangan siswa.Selain itu juga mengajak siswa TK  Masyithoh Garongan untuk ikut berpartisipasi dalam Market Day dengan membagikan voucher  (yang akan ditukarkan dengan nominal uang)   kepada siswa-siswi TK Masyitoh Garongan. Acara tersebut sekaligus memperkenalkan kepada siswa TK Masyitoh Garongan  untuk mencintai dan bersekolah di MIMAGA. Voucher peduli  kasih sayang juga diberikan kepada warga yang kurang mampu di sekitar MIMAGA yang disambut senang hati untuk ikut melihat dan juga membeli dagangan siswa yang di jual dalam Market Day tersebut.

Antusias  siswa dan masyarakat sekitar khususnya orang tua wali murid siswa MIMAGA menyambut positif dengan adanya program Market Day yang diselenggarakan oleh MI Ma’arif Garongan. ‘Semoga program-program yang dilaksanakan oleh MI Ma’arif Garongan membawa berkah, manfaat dan semakin menumbuhkan kecintaan dan minat masyarakat terhadap madrasah khususnya MI Ma’arif Garongan. Sejalan dengan hal itu , agar semakin membuat Madrasah terpercaya, berkualitas,  terdepan, menuju Madrasah Hebat Bermartabat,” pungkas Endah. (ama/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.