MIMAGA-Dompet Dhuafa Tanda Tangani MoU Program Inspiring Library

Kulon Progo (MIMAGA) – Senin (17/2/2020) MI Ma’arif Garongan menandatangani MoU kerjasama  dengan  Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta. Penandatanganan MoU disaksikan langsung oleh  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, SH beserta  Kepala Seksi Pendidikan Madrasah yang dalam hal ini diwakili oleh  Iwan Susilo, SH di Ruang Kerja Kakankemenag.

Hadir dalam acara ini Bambang Edi Prasetyo selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa  menandatangani perjanjian kerjasama Program Inspiring Library dengan Pertiwi Endah Pamungkas, SE, S.Pd  selaku kepala MI Ma’arif Garongan. Dalam MOU hari tersebut  anatara lain mencakup kerjasama untuk mendukung upaya pemerintah dalam peningkatan  kualitas perpustakaan sekolah sehingga anak-anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Selain itu juga untuk mengembangkan perpustakaan berkualitas yang mendukung proses  pembelajaran siswa sehingga mendapatkan pendidikan berkualitas.

MoU juga Menjalin kemitraan antara Dompet Dhuafa Yogyakarta dengan MI Ma’arif Garongan selaku pihak kedua dalam Program Inspiring Library di Dusun VI Garongan, Panjatan, Kulon Progo serta Pengelolaan mencakup seluruh aspek yang terkait dalam proses pendidikan dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Dompet Dhuafa Yogyakarta dan Sistem Pendidikan Indonesia termasuk di dalamnya menciptakan suasana aman, nyaman, senang dan non diskriminasi sesuai syariah, rasa empati dan rasa simpati para siswa untuk belajar. Selain itu MIMAGA akan mendapatkan pelatihan 4 kali selama satu tahun dari Program Inspiring Library tahun 2020 ini.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab, Kulon Progo, H. Ahmad Fauzi, S. H.,  dalam sambutannya menyambut positif program tersebut dan berharap dapat ikut memajukan kualitas madrasah, serta berharap bisa merambah dukungan ke siswa. “Semoga Program ini nantinya bisa berkelanjutan ke MI yang lain baik Negeri maupun swasta. Madrasah harus bisa mengerti dan memahami karakter masyarakat sekitar, sehingga bisa menjawab keinginan masyarakat terkait program-program madrasah yang akan dilaksanakan salah satunya adalah Program Perpustakaan atau Literasi ini, agar anak-anaknya mempunyai budaya membaca,” ucap Kakan.

Ungkapan Syukur disampaikan kepala MIMAGA Pertiwi Endah Pamungkas, S.E., S.Pd., atas program Inspiring Library Dompet Dhuafa yang baru saja ditandatangani. “Sungguh luar biasa kepercayaan yang diberikan kepada madarasah kami, dengan komitmen,  kami seluruh guru dan pegawai MIMAGA siap mewujudkan Madrasah Impian yang menginspirasi madrasah lain. Kami juga siap menjalankan program-program yang diberikan  dari Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta,” ungkap Endah bahagia.

“Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Impian yang menjadi Inspirasi bagi yang lain adalah impian MIMAGA.  Setelah menempuh beberapa kali tahapan seleksi, diakhiri Focus Group Discussion ( FGD ) yang diikuti oleh seluruh guru dan Kepala Madrasah. Dalam tahapan seleksi terakhir dari Inspiring Library  MIMAGA mendapatkan skor nilai tertinggi sehingga lolos dalam program Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta 2020 ini,” imbuhnya.

Memiliki Perpustakaan ideal dan optimal  yang merupakan Jantung madrasah adalah impian MIMAGA, selaras dengan Program Inspiring Library yang merupakan program pendampingan untuk membantu mewujudkan mimpi sekolah dalam optimalisasi perpustakaan .

“Program yang diberikan dari Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta tahun 2020 ini memberikan banyak program bagi MIMAGA . Program yang diberikan diantaranya Pelatihan Optimalisasi Perpustakaan (Manajemen Perpustakaan, Fun Reading Activities, Parenting), Pendampingan dan Pembinaan Pustakawan/Guru Pustakawan, Kepala Sekolah dan Guru ), Sarana Penunjang Perpustakaan, mendapatkan buku bacaan yang berkualitas dan Modul Program Inspiring Library,” tambahnya lagi.

MIMAGA berkomitmen melangkah menuju madrasah Unggul, Mandiri, Berkarakter untuk mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.