MIMAGA-Inspiring Library Dompet Dhuafa Pelatihan Gerakan Ayo Bercita-cita Dengan Program SMS

Kulon Progo (MIMAGA) – Jum’at (21/2/2020) MIMAGA mengikuti pelatihan yang pertama kali diikuti,  dari program Inspiring Library Dompet Dhuafa Yogyakarta.  Pelatihan pertama Inspiring Library di SD Negeri 2 Sentolo, Kulon Progo ini diikuti oleh Kepala madrasah Pertiwi Endah Pamungkas dan dua orang guru MIMAGA.

Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) adalah gerakan mengajak masyarakat berpartisipasi mendampingi setiap anak Indonesia untuk memiliki cita–cita dengan cara melakukan SMS (Sepuluh Menit Sepekan) Bercita-cita di kelas secara konsisten. Sepuluh Menit Sepekan  Bercita-cita adalah waktu untuk anak-anak Indonesia mengekspresikan cita-cita mereka dalam gambar, kemudian menceritakan cita-citanya di depan kelas secara bergantian.

Rina Fatimah, M.SI yang merupakan Manager Program Pendidikan Dompet Dhuafa Yogyakarta  sekaligus Pemateri pada pelatihan  Gerkan Ayo Bercita-cita  melalui SMS Bercita-cita menyampaikan bahwa tujuan dari Gerakan Ayo Bercita cita dalam Sepuluh Menit Sepekan Bercita-cita  ini adalah untuk mencegah anak bermasalah, memudahkan untuk sukses, dan menyemai generasi hebat.

“Mengajak siswa-siswi untuk bisa menceritakan tentang cita-citanya sejak kecil akan menyemai generasi hebat. Dengan berimajinasi menggambar cita-citanya dalam sepuluh menit sepekan kemudian menceritakan di depan kelas akan bisa mencegah anak mengalami masalah, memudahkan diri anak untuk menjadi sukses, dan menyemai generasi hebat  untuk masa depan,” ungkapnya.

“Cita cita yang tergambar oleh anak dalam keadaan sadarnya akan memberikan tujuan hidup yang nyata terus dijalani dengan penuh semangat meraih cita-cita, yang tentunya diimbangi dengan doa dan harapan serta usaha yang sungguh sungguh untuk bisa meraihnya,” imbuh Rina.

MIMAGA dalam hal ini menyiapkan diri untuk memulai Sepuluh Menit Sepekan Bercita-cita  dimulai dari kelas I-VI. Untuk mengikuti Gerakan Ayo Bercita-cita ini dengan Sepuluh Menit Sepekan Bercerita dimulai dengan  menumbuhkan kesadaran bercita-cita  pada siswa-siswi MIMAGA , Kemudian menggambarkannya dalam buku gambar yang secara khusus disediakan persiswa, dengan menggambarkan secara jelas merupakan visualisasi yang dapat menjadi kekuatan dalam mewujudkan cita-cita,  kemudian menceritakan cita-citanya di depan kelas. dengan bercita-cita sejak kecil akan mencegah anak bermasalah dan memudahkan untuk sukses. Ayo Bercita-cita.

Dengan pelatihan ini diharapkan menambah wawasan bagi seluruh guru serta menambah Literasi bagi siswa siswi MIMAGA, dengan terbiasa menggambarkan cita-cita mereka dapat menjadikan kekuatan bagi mereka dalam mewujudkan cita-cita mereka serta menumbuhkan budaya literasi bagi siswa MIMAGA, harapan Madrasah dari pelatihan yang diberikan oleh program  Inspiring Library ini salah satunya  bisa menjadi   penguatan program Literasi  bagi   MIMAGA dalam  mewujudkan Perpustakaan yang optimal sebaga jantungnya sekolah/madrasah.

MIMAGA Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.