Peduli Sampah, MTsN 2 Kulon Progo Gelar Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

Kulon Progo (MTsN2KP) – Dalam rangka menyukseskan Hari Sampah Nasional, 21 Februari, MTsN 2 Kulon Progo sebagai madrasah adiwiyata melaksanakan kegiatan peduli sampah dengan kerja bakti.. Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh warga MTsN 2 Kulon Progo di lingkungan madrasah setempat, Jumat (21/2/2020).

Mengawali kegiatan kerja bakti, Kepala MTsN 2 Kulon Progo, Muhamad Dwi Putranto menyampaikan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Sampah Nasional. “Madrasah kita adalah madrasah adiwiyata, oleh karena itu sudah selayaknya kita wujudkan Hari Sampah Nasional ini dengan kerja bakti bersih lingkungan. Kita ciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan asri. Dengan lingkungan yang bersih, kesehatan akan terjaga. Selain itu membuat kita betah dan nyaman di madrasah,” terangnya.

Sementara itu Waka Kesiswaan, Oni Raharjo, S.Pd. yang memimpin langsung kegiatan bersih lingkungan ini. Sebelumnya, Oni Raharjo membagi tugas dan tempat kerja bakti untuk para siswa. “Seluruh siswa putri membersihkan ruangan kelas masing-masing, siswa putra berada di luar kelas dan lingkungan madrasah,” kata Oni.

Sementara itu, para guru dan sebagian Pegawai Tata Usaha merapikan ruang kerja masing-masing. Sebagian lagi bersama para siswa membersihkan ranting-ranting pohon klengkeng yang telah dipotong sebelumnya karena dipandang terlalu rimbun dan kurang rapi.

Di sisi lain, Koordinator Adiwiyata MTsN 2 Kulon Progo, Endang Sudjianti, S.Pd mempersiapkan kegiatan adiwiyata dengan mengumpulkan pupuk organik dari para siswa. “Pupuk ini akan kita gunakan untuk memupuk tanaman yang telah ada dan sebagai media untuk menanam tanaman baru pada waktu mendatang,” tuturnya.

Akhirnya seluruh sampah yang ada di lingkungan MTsN 2 Kulon Progo dapat dibersihkan dan dikumpulkan dalam tempat pembuangan sampah (TPS) milik madrasah yang berlokasi di tepi jalan depan madrasah. Tempat pembuangan sampah dipisahkan menjadi tiga bagian, meliputi sampah organik, sampah kertas, dan sampah plastik.

Kegiatan kerja bakti berlangsung selama dua jam yakni sejak usai istirahat 09.15 hingga pukul 11.15. Usai kerja bakti para siswa bersih diri persiapan melaksanakan ibadah salat Jumat di masjid sekitar lingkungan MTsN 2 Kulon Progo. (jul/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.