Pengawas Ika Mudik ke MTsN 3 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN3KP) – Senyum dan gaya khas Pengawas Madrasah Kulon Progo Barokatussolihah, S.Ag. MSI dan Kalimah, S.Ag., M.A., saat melakukan verifikasi dokumen mutu guru di MTsN 3 Kulon Progo, Senin (25/2/2020), bertepatan dengan Hari PGRI.

Pengawas yang pernah meraih guru berprestasi Nasional ini menjelaskan verifikasi yang dilakukan sebagai ajang silaturahmi sekaligus mudik. Karena Barokatussolihah adalah mantan guru MTsN 3 Kulon Progo sejak pertama kali di tempatkan tahun 2003 sampai 2019. Banyak hal yang telah terukir di madarsah tersebut sejak CPNS sampai berbagai prestasi diraihnya. Bahkan mampu  menulis banyak buku.

Hal yang diverifikasi meliputi tiga poin yaitu program yang terdiri dari program tahunan dan semester, RPP, Buku Tugas Terstruktur Mandiri,Buku Pegangan Guru, Handout,PKB,Rancangan penilaian sikap spiritual. Dokumen Pengembangan Profesi Guru PTK dan PKG. Pelaksanaan dan Penilaian meliputi Presensi Siswa, Jurnal/Agenda Guru,Kisi-kisi soal tes, buku pelaksanaan otentik, dan analisis hasil belajar. Khusus Kamad, Waka, dan wali kelas, ditambah bukti tugas tambahan dan laporan kegiatan.

“Harapan saya verifikasi dokumen mutu guru semester genap ini menjadikan guru semakin semangat dalam pembelajaran maupun melengkapi administrasi sehingga MTsN 3 Kulon Progo semakin dipercaya masyarakat, maju, dan hebat,” ungkapnya.

Setelah selesai memverifikasi guru, Barokatussolihah menyempatkan diri bertemu dengan siswa-siswa MTsN 3 terutama kelas 9. Rasa kangen, haru, bercampur bahagia. “Rajin belajar, tingkatkan prestasi, dan raihlah nilai terbaik untuk UN tahun 2020 serta goreskan prestasi terbaik untuk MTsN 3 Kulon Progo,” pesannya pada siswa kelas 9.

Wakamad kurikulum yang diwakili Agus Ali Rahman menjelaskan bahwa guru MTsN 3 yang diverifikasi sebanyak 20, diutamakan ASN dan Non ASN yang telah bersertifikasi.

Kepala Madrasah Muslich Purwanto menyambut baik dilakukannya verifikasi berkala tersebut. “Saya sangat mendukung program yang dilaksanakan pengawas karena guru dapat mempersiapkan administrasi dan melengkapi sejak dini,” tegasnya. (end/abi)

1 reply
  1. Rini Dwi Hastuti
    Rini Dwi Hastuti says:

    Subhanallah bangga dan bahagia ketemu jejer mejo dengan keadaan yang berbeda. Selamat dan sukses mari tetap jalin silaturahmi dan bismillahirrahmanirrahim menjalani semua pekerjaan dengan amanah. Aamiennnn

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.