Perpustakaan Keliling MIN 3 Kulon Progo

Kulon Progo (MIN3KP) – MIN 3 Kulon Progo (MIN 3 KP) melaksanakan kegiatan perpustakaan keliling yang baru pertama kali, Ahad (23/02/2020) di Balai Kalurahan Purwoharjo, Kapanewon Samigalah Samigalah. Kegiatan dilaksanakan bertepatan dengan pengajian Ahad Wage. Tujuan pelaksanaannya antara lain untuk mengenalkan program MIN 3 KP pada masyarakat luas. Selain itu, juga sebagai wujud pelayanan MIN 3 KP kepada masyarakat Samigaluh pada umumnya dan masyarakat Purwoharjo pada khususnya. Disamping itu, juga untuk meningkatkan minat baca pada masyarakat.

Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB dan diakhiri pada pukul 12.00 WIB. Gerakan Ayo Bercita-cita (GAB) mengawali kegiatan perpustakaan keliling yang dipandu oleh Mulyanto dan Anisah. Sebelumnya Mulyanto dan Anisah juga telah mengikuti pelatihan GAB dari Dompet Dhuafa.

Masyarakat yang menghadiri pengajian tersebut sebagian besar adalah ibu-ibu berserta dengan putra putrinya. Mereka dapat memanfaatkan layanan perpustakaan keliling terutama bagi anak-anak yang masih usia sekolah. Disamping bisa meminjam buku, pengunjung juga dapat bermain edukasi pembelajaran yang disediakan.

R.M. Agus Marchaban selaku kepala madrsah menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan perpustakaan keliling sebagai publishing Madrasah di wilayah Kapanewon Samigaluh. Selain itu, beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dompet Dhuafa Yogyakarta yang telah membantu sarana dan prasarana perpustkaan. “Alhamdulillah MIN 3 KP bisa melaksanakan kegitan perpustakaan keliling di Kelurahan Purwoharjo. Hal ini juga sebagai publishing Madrasah di wilayah Kapanewon Samigaluh,” ungkapnya. “Terima kasih kita sampaikan kepada Dompet Dhuafa Yogyakarta yang telah dengan sepenuh hati membantu dengan sarana dan prasarana perpustkaan keliling ini,” lanjutnya.

Kerja keras dan kekompakan bapak ibu guru, karyawan, dan komite madrasah menjadi kunci sukses terlaksananya kegiatan. Selain itu, RA IPHI Samigaluh juga telah berperan aktif dalam kegiatan. Kegiatan yang beru pertama kali dilaksanakan telah dikunjungi 62 orang.

Ari Wibowo selaku Lurah Purwoharjo menyampaikan bahwa dengan perpustakaan keliling harapannya dapat meningkatkan budaya membaca serta dapat mencerdaskan masyarakat. “Dengan perpustakaan keliling ini bisa meningkatkan budaya membaca, karena salah satu ilmu dapat diperoleh dari membaca,” ucapnya. “Kegiatan ini juga sangat bermanfaat, terutama bagi anak-anak. Saya berharap MIN 3 KP selalu bersemangat dalam mencerdaskan masyarakat,” imbuhnya.

Debilla merupakan salah satu pengunjung dari siswa MTsN 5 Kulon Progo juga merasa senang dengan adanya perpustakaan keliling. Ia berharap dengan adanya perpustakaan keliling ini maka generasi muda bisa lebih berprestasi. “Saya senang dengan adanya perpustakaan keliling. Mencari ilmu tidak harus di sekolah tapi bisa dimana saja,” ungkapnya. “Semoga dengan adanya perpustakaan keliling ini para generasi muda bisa lebih berprestasi lagi,” lanjutnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh Dukuh Tukharjo atas terselenggaranya kegiatan.  “Terima kasih sudah diramaikan dari MIN 3 dan RA IPHI Samigaluh, saya ikut senang dan maju terus,” ujarnya.

Semoga kegiatan perpustakaan keliling bisa menjadi pemicu semangat membaca bagi masyarakat, khususnya anak usia sekolah yang pada akhir ini lebih sibuk dengan handphone. (ags/abi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.