Persiapan PAT, MGMP Matematika MTs Kulon Progo Bentuk Tim Pembuat Soal

Kulon Progo (MGMPMTKMTs) – Mengacu pada kalender pendidikan, pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Ajaran 2019/2020 untuk jenjang MTs direncanakan digelar pada tanggal 3 sampai 13 Juni 2020. Untuk itu sebagai langkah persiapan, MGMP Matematika MTs Kulon Progo mengadakan pertemuan guna membentuk tim pembuat soal PAT. Pertemuan kali ini bertempat di MTsN 4 Kulon Progo yang terletak di Jatimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kamis (30/1/2020). Lokasi madrasah yang berada di ketinggian mengundang hawa sejuk dan dingin disertai hembusan angin yang cukup kencang.

Anggota MGMP yang hadir berjumlah 20 orang, berasal dari berbagai MTs di Kulon Progo. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Kepala Madrasah baru MTsN 4 Kulon Progo, Drs. Sukarlan. Ia mengapresiasi kegiatan MGMP, dan menyambut dengan senang hati kedatangan guru-guru ke Jatimulyo, mengingat medan jalannya yang cukup menantang.

Kemudian ketua MGMP, Ani Minarni memberikan sambutan sekaligus pengarahan. Ia turut mengapresiasi semangat para peserta untuk menghadiri MGMP, khususnya yang notabene jarak tempuhnya cukup jauh.

Setidaknya ada dua hal yang Ani sampaikan dalam pengarahannya. Pertama, ia mengusulkan untuk membuat bank soal. Tujuannya supaya peserta didik mempunyai referensi beragam soal yang bisa dikerjakan sebagai latihan.

“Adapun pertimbangannya karena dalam pelajaran matematika itu semakin banyak latihan mengerjakan soal, maka akan semakin mudah dalam menjawabnya. Untuk itu semua guru diharapkan aktif untuk membuat soal. Namun yang harus diperhatikan, soal yang dibuat tidak hanya banyak tapi juga harus berkualitas,” terang Ani.

Kedua, Ani membahas terkait pembentukan tim pembuat soal PAT. Peserta dibagi menjadi tiga tim sesuai dengan jenjang kelas. “Setiap tim terdiri dari koordinator, editor, dan anggota, dimana setiap anggota terlibat langsung dalam pembuatan soal,” pintanya.

Secara khusus, Ani menyoroti tentang kisi-kisi soal. “Setiap satu kisi-kisi agar dibuat 3 soal berbeda, sehingga nantinya akan ada 3 paket soal. Tujuannya agar soal lebih bervariasi, sehingga koordinator bersama editor dapat menentukan mana soal yang berkualitas dan cocok untuk diujikan pada PAT mendatang,” pungkasnya. (mic/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.