Polsek Wates Serukan  Pit Selawe  di MTsN 1 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN1KP) – Tak disangka dan diduga, Selasa (25/2/2020) MTs Negeri 1 Kulon Progo kedatangan tamu dari Kepolisian Sektor Wates . Maksud dari kedatangan para pengampu keamanan di wilayah Wates tersebut untuk bersilaturahmi dengan warga MTsN 1 Kulon Progo. Selain itu, untuk melaksanakan sosialisasi Program dari Kapolres Kulon Progo yaitu Pit Selawe. Pit Selawe adalah akronim dari Pit kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (Sepeda untuk Sekolah dan Bekerja).

Nur Rahmanto, Bhabinkamtibmas Kelurahan Wates, salah satu anggota Polsek Wates yang ikut berkunjung ke MTsN 1 Kulon Progo mengatakan kepada siswa-siswi MTsN 1 Kulon Progo agar bersepeda ketika berangkat ke sekolah/madrasah. “Kami mengimbau agar anak-anak  yang rumahnya dekat dengan sekolah untuk berangkat ke sekolah menggunakan sepeda,“ ujarnya.

Ia juga menjelaskan empat tujuan dari program Pit Selawe tersebut . “Pertama, membuat badan segar bugar, karena berolahraga dengan cara bersepeda. Kedua, dapat mengantisipasi kemacetan lalu lintas di wilayah Kapanewon Wates. Ketiga, dapat mengurangi polusi udara di Kabupaten Kulon Progo. Keempat, dapat menghemat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM),” imbuh Nur Rahmanto.

Setelah beramah-tamah dengan Kepala MTsN 1 Kulon Progo, Drs. Legiman, M.S.I., tamu dari Polsek Wates ini mengajak anak-anak kelas IX bersepeda di sekitar Wates. Rute yang ditempuh untuk kegiatan gowes ini dari MTsNi  1 Kulon Progo ke arah Stadion Cangkring, kemudian belok kanan sampai di perempatan Nagung dan kembali ke madrasah lewat Bendungan.

Program Pit Selawe  tersebut disosialisasikan oleh Polsek Wates  ke elemen-elemen dan instansi-instansi yang ada di Wates. MTsN 1 Kulon Progo sangat mendukung program dari Polres Kulon Progo. “Saya beserta semua guru MTsN 1 Kulon Progo  sangat mendukung program Pit Selawe ini. Program ini dapat mengurangi penggunaan kendaraan bermotor bagi anak sekolah. Selain itu, dapat mencegah terjadinya kecelakaan motor karena mereka juga belum punya SIM,” terang Legiman. (luk/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.