Supervisi Terpadu Wujudkan Madrasah Bermutu

Kulon Progo (MIMuhGa) – Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo, Selasa (18/02/2020) melaksanakan Supervisi Terpadu di MI Muhammadiyah Garongan.

Supervisi pengawas madrasah dilaksanakan oleh Hj. Nur Asfiyati, S.Pd.I., Drs. H.R. Imam Aladin Nur, dan H. Supriyanto, S.Ag. Supervisi tersebut menitikberatkan pada administrasi guru antara lain program tahunan, program semester, silabus, kalender pendidikan, RPP, KKM, absensi siswa, buku pegangan guru,  penilaian harian, analis dan tindak lanjut, serta bimbingan konseling.

Pengawas Madrasah, Hj. Nur Asfiyati, menyatakan bahwa kegiatan supervisi terpadu yang dilaksanakan rutin setahun sekali bertujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi perangkat pembelajaran guru sekaligus melakukan pembinaan personal kepada seluruh tenaga pendidik agar guru MI Muhammadiyah Garongan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan regulasi yang ada.

“Kegiatan supervisi terpadu yang dilaksanakan rutin setahun sekali ini kami lakukan dengan tujuan untuk memonitoring dan mengevaluasi perangkat pembelajaran guru sekaligus melakukan pembinaan personal kepada seluruh tenaga pendidik agar guru madrasah MI Muhammadiyah Garongan mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsi sesuai dengan regulasi yang ada,” ujarnya.

Sedangkan menurut Pengawas Madrasah lain, Drs. H.R. Imam Aladin Nur menyatakan bahwa supervisi ini dapat sebagai upaya memperbaiki proses belajar mengajar sekaligus menjaga ketertiban dalam menjalankan tugas guru dengan baik. “Supervisi ini dapat sebagai upaya memperbaiki proses belajar mengajar sekaligus menjaga ketertiban dalam menjalankan tugas guru dengan baik,” ungkapnya.

Kegiatan supervisi disambut baik oleh Siti Nurhayati, S.Ag. M.S.I. selaku Kepala MI Muhammdiyah Garongan karena dapat memberikan pencerahan kepada guru serta mengapresiasi administrasi guru di setiap kelas. Selain itu bisa untuk menyiapkan madrasah yang bermutu. (sit/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.