Tumbuhkan Minat Baca, MIMAGA Kunjungi  Perpusda

Kulon Progo (MIMAGA) – MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) mengunjungi Perpusda Kabupaten Kulon Progo sebagai model Pembelajaran di Luar Kelas. Kunjungan tersebut dalam rangka menumbuhkan minat baca sekaligus memperkenalkan anak-anak dengan perpustakaan. Kepala MIMAGA Pertiwi Endah Pamugkas, SE, S.Pd  menyampaikan hal itu di sela-sela mendampingan siswanya mengunjungi Perpusda Kulon Progo, Kamis (27/2/2020).

“Kunjungan ke PERPUSDA ini ditujukan untuk  belajar di luar  kelas. Manfaatnya untuk menumbuhkan minat baca,  sekaligus memperkenalkan anak-anak dengan perpustakaan. Nantinya diharapkan anak-anak akan terbiasa dengan Perpustakaan,” ungkap Endah.

Selain itu menurut Endah, kunjungan itu juga dalam rangka menanamkan pemikiran kepada anak-anak bahwa Perpustakaan itu asyik, nyaman, dan menyenangkan untuk dikunjungi. “Dengan menanamkan pemikiran tersebut diharapkan akan meningkatkan minat kunjung perpustakaan dan minat baca anak-anak sejak dini,” imbuhnya.

Di sisi lain, Pustakawan Perpusda Kulon Progo, Eka Wardani menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak MIMAGA  yang telah berkenan  mengantarkan siswa-siswinya untuk mengunjungi PERPUSDA   sekaligus mengunjungi Pameran Arsip dan Pesta Buku Murah dan Inovatif yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo.

Dengan di dampingi Pustakawan  Eka wardani dan Mawarti,  beserta guru , siswa kelas IV dan  V  MIMAGA mencari  satu buku bacaan, menuliskan judul serta pengarangnya, kemudian menuliskan isi buku secara ringkas sesuai dengan tugas yang diberikan oleh guru .

Pustakawan Eka Wardani secara spontan meminta  siswa kelas IV MIMAGA untuk  mengikuti program rangking 1 dari 100 peserta yang diselenggarakan oleh Perpusda. Dalam kegiatan rangking 1  dari 100 tersebut, seluruh peserta dari berbagai SD/MI dikumpulkan jadi satu dalam sebuah ruangan. Mereka diberikan soal pengetahuan untuk dijawab. Apabila jawaban salah siswa dipersilahkan keluar dari ruangan, namun bila jawaban siswa tepat akan diberikan soal berikutnya begitu seterusnya.

Dalam kegiatan rangking 1 tersebut dua siswa-siswi MIMAGA,  Akma Rafif dan Husna Alya Febriani mendapatkan hadiah masing-masing  sebuah buku dari Perpusda karena masuk  dalam 12 besar pada program tersebut.  Sementara yang peringkat 6 besar akan mendapatkan piala dan buku dari Perpusda. MIMAGA Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi)

2 replies
  1. Pertiwi
    Pertiwi says:

    Semoga beritanya semakin menarik dibaca?dan semoga program2 Mimaga bisa bermanfaat utk warga madrasah khususnya siswa siswi Mimaga,??

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.