Hadapi UAMBN, MTsN 4 Kulon Progo Ajak Siswa Doa Bersama

Kulon Progo (MTsN4KP) – Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) sudah di depan mata. Semua siswa kelas 9 Madrasah Tsanawiyah se-Indonesia akan mengikuti ujian akhir madrasah, Senin-Rabu (16-18/3/2020). Mata pelajaran yang diujikan adalah Al Quran Hadits, Fikih dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Untuk  membekali siswa, MTsN 4 Kulon Progo atau yang dikenal dengan Madsanefour, selain penambahan materi pada saat kelas VII dan VIII menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAT) juga diadakan doa bersama setelah salat Dhuha. Pembiasaan sholat Dhuha yang dilakukan setiap pagi  ditambah  waktunya untuk berdoa bersama. Hal ini dilakukan untuk melatih  dan membiasakan siswa agar dalam menghadapi ujian apapun dalam hidup selain berikhtiar juga tidak lupa berdoa.

Ketua Panitia UAMBN yang juga Waka Humas, Teguh Suryono, S.Pd, mengatakan bahwa menyempurnakan usaha adalah keharusan, dan berdoa pada Allah Yang Maha Kuasa adalah kebutuhan. “Bukan hanya ilmu yang dicari di madrasah, tetapi ilmu yang bermanfaat bagi siswa dalam kehidupanya itu yang lebih penting,” katanya.

“Madrasah punya tanggung jawab besar membekali siswa dengan ilmu yang bermanfaat,” tambahnya.

Kegiatan salat Dhuha dan berdoa bersama  dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran. Rangkaian kegiatan diawali dengan membaca Al fatihah, lima ayat pertama Al Baqarah, ayat Kursi, akhir surat Al Baqarah dan tiga surat terakhir (tiga qul) serta Asmaul Husna. “Diharapkan doa dan impian siswa akan terwujud.  Menjadi siswa yang bermanfaat bagi umat dan bangsa,” pungkas Teguh. (elf/abi).

1 reply
  1. Faizul Humam
    Faizul Humam says:

    Assalamu’alaikum wr wb ….semoga pelaksanaan uambn di MtsN 4 Kulon Progo berjalan dengan baik dan anak2 bisa melanjutkan studi ke jenjang yg lebih tinggi….allahumma ammiin yaa robbal’alamiiin wassalamu’alaikum wr wb …

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.