Hanifah Juara Harapan 2 Lomba Bercerita Tingkat  Kabupaten

Kulon Progo (MIN2KP) – MIN 2 Kulon Progo ikut andil dalam lomba bercerita tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo. MIN 2 Kulon Progo yang diwakili oleh Retno Nur Hanifah, siswa kelas empat dengan judul Gua Kiskendo berhasil masuk final yang diselenggarakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kulon Progo, Kamis (5/3/2020).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo, Agus Santosa mengatakan bahwa lomba bercerita diikuti oleh 28 peserta  dari SD/MI se kabupaten. Adapun tujuannya untuk meningkatkan gemar membaca, karena membaca adalah jendela dunia. “Sebagai generasi muda seharusnya mengetahui sejarah yang ada di Kulon Progo dan Yogyakarta. Dalam rangka gemar membaca khususnya anak-anak sekolah, perpustakaan telah melaunching sebuah buku yang berjudul Dongeng Dan Cerita Anak Inspiratif,” tegas Agus.

Agus menambahkan  bahwa sehari sebelumnya, Kamis (4/3/2020)   diadakan lomba bercerita babak semi final untuk diambil lima  yang berprestasi. “Peserta lima besar dipertandingkan pada babak final, serta juara satu dan dua mewakili Kabupaten untuk maju pada tingkat Propinsi.  Suasana  sangat meriah, dengan tampilan sesuai dengan karakter yang di bawakan dalam bercerita,” imbuhnya.

Tim yuri pada lomba cerita ini Sumarni dari Kundo Kabudayan , Ari Hargiatmi  dari Dinas Pendidikan  dan Nurul Fahmayanti dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kulon Progo.

Berdasarkan hasil  penilaian tim  yuri yang meliputi penampilan, teknik bercerita, penguasaan dan kesesuaian materi serta kemampuan skil peserta, maka ditetapkan pemenang lomba bercerita bagi siswa SD/MI  tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2020 sebagai berikut: Juara I Nabil Cahya Pradipta dari SDN 1 Samigaluh dengan nilai 1050, Juara II Tegar Dheastu Karuna  dari SDN 2 Sukomoyo, Girimulyo dengan nilai 1040, Juara III Dinda Regina Rahmadanti  dari SDN Gembongan, Sentolo dengan nilai 1010, Juara Harapan I Nova Narendra Khoiru Rasya dari SDM Menguri, Kokap dengan nilai 1005, Juara Harapan II Retno Nur Hanifah  dari MIN 2 Kulon Progo dengan nilai 1000.

Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti mengaku senang dan bangga dengan hasil yang diperoleh anak didiknya. “Meski belum berhasil meraih yang terbaik, namun ini sudah bisa membuat senang dan bangga dengan prestasi Hanifah,” ungkapnya. (dan/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.