MIN 2 Kulon Progo Budayakan Literasi dengan Pojok Baca

Kulon Progo (MIN2KP) – Budaya literasi mulai digalakkan di MIN 2 Kulon Progo sebagai wujud menyukseskan program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan Nasional Indonesia. Program tersebut bekerja sama dengan SLI (Sekolah Literasi Indonesia). Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ihsanti menyampaikan hal itu di sela-sela kegiatan tersebut di madrasahnya, Senin (2/3/2020).

“Gerakan literasi terwujud melalui pojok baca di kelas masing-masing untuk lebih menumbuhkan minat siswa dalam membaca dan menulis. Kemampuan ini tidak terlepas dari menyimak dan berbicara. Literasi meliputi keseluruhan ketrampilan berbahasa yakni, membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Keempatnya perlu ditumbuhkembangkan melalui gerakan gemar membaca.” tutur Etik.

“Sebenarnya penanaman literasi dengan cara pembiasaan membaca di rumah dan madrasah. Sehingga ada hubungan dan kerjasama antara keduanya. Di rumah bisa membaca buku-buku cerita, majalah maupun buku pengetahuan. Sedangkan di Madrasah ada perpustakaan yang setiap hari buka dan siswa bisa membaca buku di perputakaan,” imbuhnya.

Sedangkan salah satu guru, Sri Handani Widiyaningrum mengatakan bahwa menumbuhkan gemar membaca melalui pojok baca  sudah dilaksanakan di setiap kelas. “Buku bacaan bervariasi, dari cerita anak, dongeng, dan buku pengetahuan. Siswa membawa dari rumah dan  dikumpulkan ke kelas, mereka bergantian membacanya. Setiap hari siswa membaca 10 menit sebelum Kegiatan Belajar Mengajar, dan ketika istirahat mereka dihimbau untuk membaca. Dengan adanya pojok baca, siswa semakin senang dan antusias untuk membaca. Hal itu karena tempat yang indah dan juga buku bacaan yang menarik . Pojok baca terealisasi berkat kerjasama seluruh guru kelas dan wali murid,”ungkapnya. (dan/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.