Sepuluh Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Lakukan Observasi di Kankemenag Kulon Progo

Kulon Progo (Kankemenag) – Sebanyak sepuluh Mahasiswa Program Studi Managemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sunan  Kaljaga Yogyakarta melakukan Observasi di Kankemenag Kulon Progo. Observasi rencananya dilakukan selama 2 bulan mulai Rabu (4/3/2020) sampai Jum’at (8/5/2020). Selama 2 bulan tersebut ke-sepuluh mahasiswa itu akan hadir melakukan observasi di Kankemenag Kulon Progo dalam 4 kali sesuai jadwal yang ditentukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Hal itu disampaikan DPL PPL, Dr. Subiyantoro, M.Ag., saat Penyerahan Mahasiswa di Aula Riptaloka Kankemenag Kulon Progo, Senin (9/3/2020) pagi.

“Selama dua bulan ini para mahasiswa akan melakukan observasi di Kankemenag Kulon Progo. Mahasiswa akan datang sekitar 4 kali untuk mendapatkan data-data yang diperlukan sesuai jadwal yang telah disepakati,” ungkap Subiyantoro.

“Diharapkan para mahasiswa selama masa observasi bisa menemukan permasalahan yang ada di Kankemenag Kulon Progo yang akan menjadi bahan pembahasan dengan DPL, kemudian akan menjadi bahan artikel. Syukur kalau bisa menjadi bahan skripsi,” imbuhnya.

“Untuk program kerja mohon agar disesuaikan dengan kondisi Kankemenag Kulon Progo dan yang akan dilaksanakan pada PPL kedua sekitar bulan Juni sampai Agustus mendatang. Selama PPL nanti mahasiswa akan belajar membuat program managemen. Mahasiswa juga baru sebatas belajar teori, jadi perlu bimbingan agar berpengalaman di instansi yang ditempatinya,” harap Subiyantoro yang juga pernah menjadi Kepala MAN 1 Kulon Progo (dulu MAN 1 Wates) ini.

Sementara itu Kasubbag TU Kankemenag Kulon Progo, Drs. H. Moh Mustolih yang mewakili Kepala Kantor untuk menerima Mahasiswa PPL tersebut mengaku siap membantu memberikan data-data yang diperlukan mahasiswa selama observasi.

“Kami siap membantu mahasiswa dalam PPL ini. Namun mahasiswa juga mohon sudah mempersiapkan bekal terkait apasaja data yang akan diperlukan selama observasi. Data yang dibutuhkan agar direncanakan dari awal. Untuk rencana program kerja juga agar menyesuaikan waktu. Semoga observasi lancar dan pada saat PPL kedua nanti tinggal melaksanakan program kerja,” pinta Kasubbag.

Usai acara penyerahan, para mahasiswa diperkenalkan dengan ruang kerja masing-masing unit, dan bidang tugas yang dikerjakan.

Adapun sepuluh mahasiswa yang melakukan observasi tersebut antara lain, Nurjanna, Sella Astia, Shaffira Nirduhkita Yudhliarti, Fatul Ikayah, Arief Bachtiar, Yusuf Iqbal Syahputra, Niken Umi Latifah, Niken Tri Wahyuni, Muhammad Thoriq Rohman, dan Dhewi Nur Atiqoh. Mereka didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dr. Subiyantoro, M.Ag. (abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.