TIM TPUKS Kapanewon Panjatan Kunjungi MIMAGA

Kulon Progo (MIMAGA) – MI Ma’arif Garongan (MIMAGA) mendapatkan kunjungan dari   TIM TPUKS Kapanewon Panjatan yang terdiri dari 12 Petugas  yang diketuai oleh dr. Renny Lo dari Puskesmas Panjatan dengan  petugas diantaranya  : 2 orang  dokter, 2 petugas  Lab Pemeriksaan Pangan Jajanan Anak Sekolah ( PJAS) dari Puskesmas Panjatan 1, 3 petugas Puskesmas Panjatan 2, 1 petugas dari BPP,  Bhabinkamtibmas serta Babinsa  dan satu orang guru dari Koordinator Gugus IV Panjatan .

Disampaikan oleh Ketua TIM dr. Lenny Lo bahwa  TIM TPUKS berkunjung ke MIMAGA dengan maksud melihat secara langsung  PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ), serta yang paling penting adalah memeriksa kantin sekolah dalam TIM Lab Pemeriksaan Pangan Jajanan Anak Sekolah ( PJAS ),  pemeriksaan jentik-jentik di semua jamban sekolah, Kawasan Tanpa Rokok serta kesehatan pada fisik sekolah.

Secara langsung dr.Lanny Lo memberikan penjelasan kepada seluruh siswa MIMAGA dengan mengajarkan dan mengajak siswa secara langsung bernyanyi bersama dengan mencontohkan gerakan mencuci tangan dengan langkah yang benar. “Kemudian secara antri anak-anak bergantian menggunakan sabun dan air terus  cling tanpa harus menggunakan kain serbet, karena dengan kain serbet justru akan membuat kuman berbalik. Selalu membiasakan mencuci tangan dengan  langkah-langkah yang benar kepada   seluruh siswa dan  menghimbau agar selalu melakukannya setiap mau makan, setelah makan dan setelah selesai aktifitas agar tercipta hidup sehat,” terangnya.

Selanjutnya dr. Renny Lo juga  menghimbau kepada seluruh siswa MIMAGA untuk selalu membiasakan sarapan pagi. Dengan sarapan pagi kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Selain itu, ketika perut dalam keadaan kenyang anak akan bisa mengontrol diri untuk tidak jajan sembarangan dan juga bisa menabungkan sebagian uang saku.

Haryani Petugas Lab dari PUSKESMAS Panjatan 1 menyampaikan bahwa tujuan dari PJAS di Kantin MIMAGA ini adalah untuk melihat pewarna prodium B ( pewarna merah tekstil atau cat bukan pada makanan, kemudian metanil yellow pewarna kuning yang bukan untuk makanan serta pengenyal apakah mengandung borak ataukah tidak. Tim PJAS dari Puskesmas Panjatan 1 ini meneliti secara langsung di Kantin MIMAGA dengan mengambil 8 sample jenis makanan yang dijajakan di Kantin MIMAGA berupa sosis, puding, mi goreng, tahu gulung, kue kacang, permen,  saus dan kecap. Haryani menyampaikan bahwa  seluruh makanan yang dijajakan di kantin MIMAGA  negatif, yang berarti aman dari Formalin, Borak dan pewarna makanan.

Sementara itu Bhabinkamtibnas serta Babinsa yang tergabung dalam tim ini memberikan arahan kepada MIMAGA untuk membuat Zona merah Zona Sekolah dan juga memberikan garis-garis berwarna putih di halaman MIMAGA yang merupakan jalan lalu lintas ramai sehingga mengurangi resiko lakalantas.

Menanggapi kubjungan tersebut Kepala Madrasah, Pertiwi Endah Pamungkas menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh TIM yang tergabung dalam TPUKS Kecamatan Panjatan yang di ketuai langsung oleh dr Renny Lo.

Dengan adanya TIM TPUKS menjadikan MIMAGA menjadi lebih memperhatikan perilaku hidup sehat selalu mengingatkan dan menerapkan kepada seluruh siswa untuk membiasakan cuci tangan, dan lebih memperhatikan kesehatan lingkungan sekolah. “Yang tidak kalah penting ucapan syukur alhamdulillah  karena makanan yang dijual di kantin MIMAGA telah mendapatkan centang hijau dalam arti telah memenuhi syarat sehat dan bersih dalam hasil pemantauan PJAS. Secara keseluruhan  dari 10 indikator pemantauan TPUKS MIMAGA mendapatkan nilai Baik,” ucap Endah.

MIMAGA Mandiri Berkarakter. Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.