Tumbuhkan Minat Baca, Siswa MTsN 6 Kulon Progo Kunjungi Perpusda

Kulon Progo (MTsN6KP) – Guna menumbuhkan minat dan sikap budaya gemar membaca, sebanyak 32 siswa kelas VII A MTsN 6 Kulon Progo bersama tiga guru pendamping melakukan kunjungan ke Perpusda Kulon Progo, Selasa (25/2/2020).

Meskipun saat ini sudah memasuki era digital dimana semua informasi semakin mudah diakses dari internet, akan tetapi buku cetak masih relevan untuk dijadikan sumber acuan informasi. Oleh karena itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kulon Progo menyelenggarakan event wisata buku pada pameran arsip dan pesta buku murah inovatif terlengkap Kulon Progo. Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Diva Press Yogyakarta yang berlangsung sejak 19 Februari sampai dengan 6 Maret 2020 di halaman Gedung Perpusda Kulon Progo.

Dalam kunjungan resminya hari ini ke wisata buku, selain MTsN 6 Kulon Progo juga diundang 4 sekolah lainnya pada saat yang bersamaan yaitu SDN Kulwaru Kulon, TK PKK Trimurti Kulwaru Kulon, TKN Banyuroto, dan TK ABA Bendungan.

Salah satu pengelola Perpusda yaitu Sri Wursari menyampaikan bahwa event wisata buku diadakan 3 kali dalam setahun. “Untuk event wisata buku pada pameran arsip dan pesta buku murah inovatif terlengkap ini kami adakan 3 kali dalam setahun,” jelasnya.

Sembari menemani siswa di area bazar buku, Sri Wursari menambahkan bahwa pengunjung yang datang juga banyak yang berasal dari masyarakat. Bahkan banyak juga yang membeli buku. “Pameran ini  dibuka untuk umum jadi selain sekolah juga banyak masyarakat yang mengunjungi pameran dan bahkan banyak pengunjung yang membeli buku,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sri Wursari memaparkan bahwa tujuan Perpusda mengundang sekolah-sekolah/ madrasah adalah untuk memfasilitasi kegiatan outing class untuk siswa, untuk mempromosikan layanan perpustakaan, dan mempromosikan minat baca buku dalam rangka mengurangi dampak negatif ketergantungan pada gadget/ HP.

Narkoba No Membaca Yes!,  Arsip Bukan Sampah Tapi Bukti Sejarah!, begitulah yel-yel yang dilontarkan saat berbincang dengan siswa dan guru pendamping.  Dengan pameran ini diharapkan siswa senang membaca atau membudayakan membaca sejak dini.

Pada kegiatan selanjutnya, kehadiran siswa MTsN 6 KP juga mengadakan acara ramah tamah di aula lantai dua. Rombongan siswa disambut dengan baik oleh pihak pengelola perpustakaan yang diwakili oleh pustakawan. Acara diisi dengan ceramah dan dialog yang dipandu sendiri oleh Pustakawan Perpusda Kulonprogo, Nurul Fahmayanti, S.I.P. Pada kesempatan tersebut, siswa memperoleh banyak informasi tentang seluk beluk perpustakaan, pelayanan dan jam kunjung, ruang koleksi bahan pustaka, tata cara pelayanan, prosedur menjadi anggota serta  penggolongan atau klasifikasi buku berdasarkan kelasnya. Selain itu, siswa harus memiliki semangat baca yang tinggi dan membudayakan baca sejak dini dan cinta literasi. Rata-rata siswa merasa antusias dan senang dengan adanya program kunjungan karena mereka sangat jarang memiliki kesempatan untuk berkunjung bahkan mengenal perpustakaan yang ada di daerahnya.

Shafa  salah satu siswa merasa senang dengan kegiatan tersebut. “Kami senang sekali bisa berkunjung ke sini. Pelayanannya ramah, fasilitas yang lengkap, ruangan yang nyaman dan koleksi buku yang bagus-bagus,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh beberapa siswa seperti Anisa, Yaffa serta Rafi yang menyampaikan kepuasannaya telah mendapat tambahan pengetahuan dan wawasan di kegiatan tersebut. “Kami benar-benar senang mendapat banyak pengetahuan, koleksi tidak hanya buku-buku dalam rak, tapi juga buku elektronik” ujarnya.

Perpusda Kulonprogo juga melayani peminjaman buku melalui aplikasi online yang diberi nama “iKulonprogo”. Pelajar dan masyarakat dapat dengan mudah mengunduh aplikasi tersebut. Melalui aplikasi tersebut pelajar atau masyarakat dapat mengakses secara online untuk meminjam buku sesuai judul yang diinginkan dengan batas waktu yang sudah ditentukan. Hal ini sangat memudahkan para pelajar dan masyarakat karena bisa dilakukan dimana saja selama tersambung dengan internet.

Pendamping berharap agar selepas kunjungan ini siswa semakin menumbuhkan sikap budaya gemar membaca, rajin mengunjungi dan meminjam buku-buku di perpustakaan madrasah. Siswa yang berkunjung diharapkan juga dapat mengajak dan menularkan pengalamannya kepada siswa lain yang tidak berkesempatan ikut mengunjungi pameran. (puj/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.