Ujian Praktik Prakarya, Siswa MTsN 2 Kulon Progo Masak Bersama

Kulon Progo (MTsN2KP) – Mendekati akhir tahun pelajaran 2019/2020, kegiatan siswa kelas 9 MTsN 2 Kulon Progo semakin padat. Dalam satu bulan selalu ada ujian yang harus diikuti sebagai tahapan sebelum ujian nasional. Salah satunya adalah ujian praktik untuk Mata Pelajaran (mapel) Prakarya. Tema yang diambil untuk ujian praktek kali ini adalah masakan untuk makan siang. Hal itu disampaikan Guru Pengampu Mata Pelajaran Prakarya, Sri Astuti P.,S.Pd.. di sela-sela memantau kegiatan tersebut yang dilaksanakan di Hall madrasah setempat, Sabtu (07/03/2020).

“Jadwal yang padat untuk berbagai macam ujian di bulan ini. Salah satunya ujian praktik prakarya. Untuk praktik masak kita ambil menu makan siang,” ucapnya.

“Siswa dibagi ke dalam 21 kelompok dan setiap kelompok rata-rata berjumlah 6-7 orang. Mereka dibebaskan untuk membuat masakan sesuai dengan kesepakatan kelompoknya masing-masing,” imbuh Sri.

Dari kelas 7, siswa sudah mengenal beberapa bahan dasar masakan, seperti sayuran, kacang-kacangan dan juga ikan. “Bahan-bahan yang sudah mereka pelajari mulai dari kelas 7 bisa digabungkan dalam masakan yang dibuat hari ini, sehingga menjadi hidangan yang 4 sehat 5 sempurna,” pungkasnya.

Ada beragam bahan yang digunakan oleh siswa dalam ujian ini, baik untuk makanan pembuka, makanan utama, dan juga makanan penutup. Makanan pembuka berupa buah-buahan, makanan utama menggunakan berbagai macam protein seperti ikan, udang, dan ayam. Menu utama ini kemudian juga dilengkapi dengan aneka sayuran. Sedangkan untuk makanan penutupnya, ada yang membuat puding, rujak buah, dan juga klepon.

Lebih lanjut, saat siswa sudah menyelesaikan pekerjaannya, mereka juga diminta untuk mempresentasikan masakannya untuk dinilai oleh para guru. Setelah semua dinilai, kegiatan inipun diakhiri dengan makan bersama. (dan/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.