Dukung Pencegahan Covid-19, Siswa MIN 2 Kulon Progo Menggambar Poster


Kulon Progo (MIN2KP) – Dalam rangka mendukung kampanye pencegahan Covid-19 bagi pelajar melalui media sosial , MIN 2 Kulon Progo mengimbau para siswanya untuk menggambar poster di rumah sebagai tugas daring. Poster tersebut kemudian dapat diupload langsung melalui media sosial orang tua ataupun oleh guru kelas masing-masing.

Berdasarkan Surat edaran yang dikeluarkan Dinas Kesehatan pelaksanaan kampanye pencegahan covid-19 dilakukan selama lima hari yakni mulai Selasa sampai Sabtu (7-11/04/2020) dengan mengambil tema yang berbeda dalam setiap hari sesuai dengan yang tercantum dalam surat edaran yakni, Sering Cuci Tangan Pakai Sabun, Tetap Tinggal di Rumah, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan, Tidak Berjabat Tangan, dan Pakai Masker Bila Sakit atau Harus Berada di Tempat Umum.

Namun demikian, Etik Fadhilah Ihsanti, S.Pd.I., M.Pd. selaku Kepala MIN 2 Kulon Progo memberikan keleluasaan bagi guru untuk membuat jadwal tersendiri dalam pelaksanaannya. “Meskipun dalam surat edaran tersebut yang ditunjuk adalah SD, SMP, dan SMA namun jika dilaksanakan di madrasah itu lebih baik. Untuk jadwal dan pelaksanaannya diserahkan kepada masing-masing guru,” ucapnya.

Siti Mustaqimah, S.Pd.I. guru kelas 2 memulai kegiatan sesuai dengan surat edaran yakni Selasa (7/04/2020). Menurut Bu Mus (sapaan akrabnya) baik orang tua maupun siswa-siswi kelas 2 merespon baik pembuatan poster ini. Hanya saja kadang-kadang masih ada beberapa yang tidak sesuai dengan yang dimaksud. “Ada yang tidak sesuai tema, ada juga yang tidak sesuai perintah. Mungkin karena perintah hanya melalui WA grup, jadi ada sedikit miss komunikasi,” terangnya.

Sedikit berbeda dengan surat edaran, Fitri Asmawati guru kelas 6 melaksanakan kegiatan mulai Senin sampai Kamis (6-9/04/2020) dan Sabtu (11/04/2020). Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan kampanye dapat diselesaikan dalam satu pekan. “Kami memulai sehari lebih awal dari pada surat edaran. Bukan berarti tidak patuh, namun agar bisa selesai dalam satu pekan,” ujarnya.

Diharapkan, dengan pembuatan poster ini dapat memperluas informasi tentang upaya pencegahan perkembangan dan penyebaran covid-19. Selain itu, pembuatan poster juga dapat menjadi bentuk variasi pembelajaran daring di rumah. Mari selalu kita ciptakan gerakan menghadapi covid-19 dengan syukur dan senyuman,” pungkas Fitri. (fas/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.