Work From Home, MAN 1 Kulon Progo Sukseskan Belajar Daring

Kulon Progo (MAN1KP) – Dalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta melalui surat Nomor:B- 1006/Kw.12.1/4/HM.01/03/2020 mengimbau kepada seluruh jenjang madrasah untuk melakukan pembelajaran secara daring. Menyikapi imbauan tersebut, MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) yang berlokasi di Pengasih, sejak hari Jumat (20/3) telah melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara daring.

Sehari sebelumnya, Kepala MAN 1 Kulon Progo, H. Edi Triyanto, S.Ag, S.Pd, M.Pd mengadakan rapat bersama seluruh guru Mansaku terkait teknis KBM daring yang akan diberikan kepada siswa. Edi menyarankan agar KBM daring dilaksanakan dengan menyenangkan dan menarik agar siswa tetap merasa semangat dan enjoy. “Pembelajaran secara daring mohon dibuat menyenangkan dan menarik. Selain itu tugas yang diberikan tidak memberatkan siswa guna meminimalisir rasa bosan dan stres siswa. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan seperti Whatsapp Messenger, Kahoot!, Google Form, Google Classroom, JB Class, Telegram, Instagram, Facebook, Blog, maupun Youtube,” ungkap Kamad.

Hartina Nugrahani, S. Si. guru mata pelajaran Biologi Mansaku memilih Kahoot! sebagai aplikasi dalam pembelajaran daring karena relatif tidak menyita kuota dan siswa lebih antusias ketika soal berupa games. Selain itu, Hartina juga menggunakan WAG (Whatsapp Grup) untuk mengecek kehadiran siswa dan memastikan siswa tetap fokus mengikuti KBM daring dengan cara memberikan pertanyaan individu.

Sebelum masuk ke aplikasi Kahoot!, Hartina terlebih dulu menyapa siswa melalui WAG, selanjutnya siswa akan dibagikan link kuis Kahoot!. Kuis tersebut memiliki batas waktu pengerjaan dan hasilnya bisa diketahui dan di ekspor dalam bentuk excel. (pra/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.