Ini Apresiasi Kelulusan MAN 2 Kulon Progo Lulus 100 Persen

Kulon Progo (MAN2KP) – Siswa kelas XII MAN 2 Kulon Progo (MANDAKU) secara resmi telah dinyatakan lulus 100%, Sabtu (2/5/2020) secara daring. Kelulusan ini merupakan hasil sidang pleno semua guru yang diselenggarakan pada 22 April lalu yang juga secara daring. Adapun kriteria kelulusan didasarkan pada syarat dan ketentuan kelulusan tanpa UN yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Khoiriyatun, S.Pd., M.Si., Kepala MAN 2 Kulon Progo mengucapkan syukur dapat meluluskan siswa meski tidak ada UN. “Ada rasa haru karena saya tidak bisa menyaksikan secara langsung raut bahagia peserta didik, saat pengumuman kelulusan disampaikan,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurut Khoiriyatun bahwa masa kelulusan SMA yang biasanya dirayakan oleh semua sekolah termasuk MAN 2 Kulon Progo, tahun ini tidak dirayakan seperti tahun-tahun sebelumnya. Tasyakuran kelulusan yang biasanya diwujudkan pembagian nasi kotak, kini rencananya akan diganti dalam bentuk bakti sosial pembagian sembako bagi masyarakat dan siswa kurang mampu. Kegiatan ini tidak diikuti oleh siswa secara aktif, mengingat pandemik covid-19, tetapi dilakukan oleh beberapa guru dan pegawai dengan protokol physical distancing yang semestinya.

Banyak hal tentu ingin dilakukan madrasah dan siswa dalam mengekspresikan syukur dalam rangka kelulusan. Namun kondisi masyarakat yang sedang memusatkan konsetrasinya dalam melawan Covid-19 yang tengah mewabah mulai 3 bulan yang lalu menjadi sebab kegiatan tersebut ditiadakan, dan diganti dengan kegiatan lain yang tak kalah manfaat. Hal ini adalah wujud madrasah dalam mendukung program pemerintah “DI RUMAH SAJA”, baik sidang dan pengumuman dilakukan secara daring, dan kegiatan wisuda ditiadakan.

“Kami mengingatkan pada peserta didik untuk mensyukuri kelulusan tahun ini dengan sujud syukur dan  memanjatkan doa-doa terbaik  di rumah masing-masing. Tak perlu ada euforia baik itu konvoi, corat-coret, atau kumpul-kumpul. Bahkan Kegiatan Wisuda Purna Siswa  tahun ini ditiadakan,” pesan Khoiriyatun.

“Semoga mereka mampu menerapkan ilmu yg mereka dapatkan selama tiga tahun belajar di MAN 2 Kulon Progo, baik dalam bangku kuliah, di kantor tempat bekerja, maupun dalam zona berwirausaha” harapnya untuk siswa MAN 2 Kulon Progo yang tahun ini lulus 100%. (rid/ast/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.