MIMAGA Diskusi Bersama Mentor Elsap Lewat Zoom Cloud Meeting

Kulon Progo (MIMAGA) – MI Ma’arif Garongan dalam fase 2 di tahun 2020 Melangkah Menuju Madrasah Unggul bersama Program Galang Madrasah Laziz UNISIA Yogyakarta di tengah pandemi Covid-19 tetap aktif mengikuti pelatihan yang diberikan secara online oleh para Mentor Elsap yang bekerjasama dengan Laziz UNISIA. Materi diberikan kepada seluruh guru MIMAGA dalam bentuk soft copy dan video yang disampaikan langsung oleh para mentor.

Asrofi Tiktana, MA salah satu mentor Elsab memberikan materi kepada seluruh guru MIMAGA secara online tentang Modal Sosial dan Budaya, bagaimana mewujudkan madrasah unggul/sukses dan hebat yang dicari masyarakat. Apa yang sudah kita lakukan untuk mewujudkan semua itu?

Dalam materinya Asrofi Tiktana, MA. menyampaikan bahwa madrasah unggul harus bisa memiliki Potensi Internal diantaranya 8 Standar Nasional Pendidikan, Supervisi guru dan waka seminggu sekali selama 1 jam oleh kepala madrasah, Supervisi tendik seminggu sekali oleh waka, Pemantauan Pembelajaran Insidental, Pendekatan Personal Guru dan karyawan agar all out, seminar, worksop, Studi Banding. Sedangkan Potensi Eksternal adalah masyarakat, Takmir Masjid, Yayasan, dan Pemerintah.

” Adapun tahapan untuk merintis Madrasah Unggul ada 3 : Tahap Perintisan ( Magang ke sekolah maju/ sister school 2 guru ) Tahap Pemekaran : (Guru membawa ilmu dari sekolah magang, membentuk budaya sekolah (Transparan, kreatif, keberanian). Selanjutnta tahap Pelembagaan Unggulan (SOP Budaya Sekolah).

Senin (4/5/2020) dalam diskusi bersama Mentor Asrofi Tiktana, MA dengan kepala madrasah dan seluruh guru MIMAGA dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting yang berlangsung dalam waktu 1 jam terkait dengan materi yang sudah terlebih dahulu diberikan dan sudah dipelajari. Dalam diskusi materi ini Asrofi Tiktana memberikan saran untuk bisa membuat Buletin Madrasah. “Selain itu juga memberikan tugas kepada seluruh guru MIMAGA bersama kepala madrasah untuk membuat SOP (Standar Operasional Prosedur) program 2 tahunan meliputi 8 standar pendidikan dan budaya madrasah, bisa berupa  pengajian lapanan, PSM yang melibatkan seluruh komponen, budaya ahlussunnah wal jamaah, dan lain-lain. Sehingga SOP tersebut bisa dijadikan pedoman untuk Kepala Madrasah selanjutnya agar program-program tersebut bisa berjalan terus menerus,” pesannya.

Kepala madrasah Pertiwi Endah Pamungkas, SE,S.Pd menyambut dengan antusias tentang materi dan saran yang disampaikan oleh mentor, serta akan menunggu jadwal magang ke sekolah unggul bersama 2 guru yang telah ditetapkan,  namun sampai saat ini diundur karena Covid-19 serta mengajak seluruh guru untuk segera menyelesaikan tugas membuat SOP yang diberikan oleh mentor Asrofi Tiktana. Kemudian segera akan menindaklanjuti untuk membuat Buletin Madrasah yang rencana akan diterbitkan setiap bulan sebagai ajang Promo Madrasah Unggul yang dikenal masyarakat luas.

MIMAGA Mandiri Berkarakter. Madrasah Hebat Bermartabat. (ama/abi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.